Program DCML Damandiri Tingkatkan Semangat Ibadah Warga Cilampunghilir

Editor: Koko Triarko

TASIKMALAYA – Program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang diinisiasi Yayasan Damandiri di Desa Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat, tak hanya mampu memberdayakan masyarakat di sektor pendidikan, lingkungan, kesehatan dan ekonomi.

Program DCML yang di tingkat desa dijalankan oleh Koperasi Amanah Galunggung Mandiri tersebut, juga terbukti mampu memberdayakan masyarakat di bidang keagamaan. Khususnya dalam meningkatkan ketaatan warga dalam beribadah ke masjid.

Seperti terlihat di kampung Cinangsi RT 01 RW 03, Cilampunghilir. Berkat adanya program renovasi rumah ibadah berupa masjid dan musala pada awal November 2021 lalu, kini warga kampung sekitar mengaku lebih termotivasi untuk datang dan beribadah di masjid. Hal itu karena kondisi Masjid Jami Anwarul Ulum di kampung setempat, kini lebih nyaman pascadirenovasi.

“Sebelum adanya program renovasi, warga terganggu dengan kekurang nyamanan tempat wudhu dan WC masjid. Alhamdulillah, sekarang pascarenovasi mulai kondusif dan terbantu. Tentu warga kampung sangat terbantu dan termotivasi untuk lebih giat ke mesjid,” ketua DKM Masjid Jami Anwarul Ulum, Kamaludin.

Kamaludin berharap, agar ke depan Yayasan Damandiri melalui Koperasi Amanah Galunggung Mandiri dapat terus melanjutkan program renovasi rumah ibadah berupa masjid dan musala di Cilampunghilir, sehingga makin banyak umat yang terbantu dan merasakan manfaatnya.

“Semoga Yayasan Damandiri dan Koperasi Amanah Galunggung Mandiri lebih maju dan berkah, serta terus bisa membantu sarana dan prasarana tempat ibadah di kampung-kampung lainnya. Atas Nama pribadi dan masyarakat mengucapken “Jazaakumullohu khairon katsiiroo wataqobbalallohu minna wa minkum,” katanya.

Sementara itu, Manajer Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Chaeru Taufik Ismail, mengatakan program renovasi sejumlah masjid dan musala ini dijalankan di sejumlah dusun pada awal November 2021. Antara lain di dusun Cinangsi, Cikembang, Gunung Kondang dan Gunung Putri.

“Total ada 10 masjid dan musala yang akan kita renovasi, meliputi perbaikan WC dan tempat wudhu. Total anggaran mencapai sekitar Rp22juta. Seluruhnya berasal dari bantuan Yayasan Damandiri,” ungkapnya, belum lama ini.

Dijelaskan, renovasi dilakukan sebagai bentuk kepedulian koperasi sebagai kepanjangan tangan Yayasan Damandiri, demi melihat banyaknya fasilitas masjid dan musala di desa Cilampunghilir yang mengalami kerusakan. Padahal, menurut Yana masjid memiliki peran sangat vital di masyarakat.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid dan musala selama ini juga memiliki banyak fungsi di masyarakat. Baik itu sebagai tempat pembinaan akhlak, pusat ilmu pengetahuan, tempat pengembangan dan pusat kegiatan masyarakat, hingga pemersatu umat.

“Karena itu, renovasi semacam ini sangat diperlukan agar masyarakat merasa nyaman dalam beribadah. Selain juga agar syiar agama Islam dapat makin menggema,” ungkapnya.

Pihak koperasi juga berharap, agar masyarakat desa Cilampunghilir dapat lebih semangat dalam memakmurkan masjid, serta mampu menghidupkan kembali peranan masjid dengan berbagai macam aktivitas sosialnya.

“Kita berharap, renovasi masjid dan musala ini mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat desa,” pungkasnya.

Lihat juga...