Puting Beliung Sebabkan Puluhan Rumah di Lombok Tengah, Rusak

PRAYA – Hujan lebat yang disertai angin mengakibatkan puluhan rumah warga di Desa Bangkat Parak dan Desa Kidang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, rusak disapu angin puting beliung.

“Jumlah rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung  sebanyak 15 rumah di Desa Bangkat Parak dan 7 rumah di Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, ” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, H Ridwan Maaruf di Praya, Minggu (21/11/2021).

Ia mengatakan, peristiwa yang menimpa warga itu terjadi saat hujan melanda Lombok Tengah pada Sabtu (20/11) malam, tiba-tiba angin kencang merusak atap rumah warga. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, hanya merusak rumah warga,” katanya.

Ia mengatakan, setelah mendapatkan informasi pihaknya langsung turun memberikan bantuan kepada warga, berupa selimut, makanan, terpal dan kebutuhan lainnya.

“Malam itu juga kita langsung turun memberikan bantuan kepada warga,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan material kepada rumah warga yang terdampak untuk dilakukan perbaikan, sehingga warga bisa menempati rumahnya kembali.

“Bantuan material akan diberikan juga setelah selesai melakukan pendataan kerusakan terhadap rumah warga, baik itu rusak ringan maupun berat,” katanya.

Ia menambahkan, pascakejadian juga Pak Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, langsung turun untuk melihat kondisi warga dan telah mengarahkan untuk membantu warga yang terdampak.

“Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada saat terjadi hujan dan angin kencang, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Lihat juga...