Rea Dominasi Dua Race Penutup Musim WSBK Mandalika

LOMBOK TENGAH – Pebalap tim Kawasaki, Jonathan Rea, meraih kemenangan keduanya di Sirkuit Mandalika setelah menahan gempuran pebalap tim Aruba It Ducati Scott Reading di Race 2 World Superbike, Minggu (21/11/2021).

Balapan sempat tertunda satu setengah jam, karena hujan turun deras jelang start pukul 15:00 waktu setempat.

Setelah trek dinyatakan aman dan cuaca membaik, panitia memutuskan menggelar balapan dengan jarak 12 lap saja dari 21 putaran jadwal semula.

Polesitter Toprak Razgatlioglu cukup baik menjalani start balapan penutup musim itu, ketika trek masih cukup basah.

Rea sempat melorot ke posisi ke lima setelah start, namun mampu mencari celah untuk memperbaiki posisinya.

Axel Bassani yang cukup kompetitif di Race 1, terjatuh di exit tikungan terakhir setelah bersenggolan dengan Michael Van Der Mark.

Setelah lima lap, Redding dan Rea menjadi dua pebalap dominan di balapan basah kali ini, meninggalkan lawan-lawannya setelah separuh jarak lomba, ketika Van Der Mark dan Razgatlioglu berjarak 3,5 detik memperebutkan posisi ke tiga.

Redding memanfaatkan lintasan lurus utama dengan kekuatan motor Ducatinya, demi menyalip Rea untuk pimpinan lomba.

Namun, sang pebalap Kawasaki mencuri celah di dua tikungan terakhir, merestorasi posisinya dan memenangi balapan ke dua hari ini setelah mengalahkan Razgatlioglu di Race 1 pagi ini.

Van Der Mark melengkapi podium setelah finis 7,4 detik berselang mempecundangi juara dunia baru yang harus puas finis P4.

Rekan satu tim Van Der Mark, Tom Sykes membawa motor BMW M 1000 R kedua ke peringkat lima, menutup penampilan terakhirnya untuk tim BMW Motorrad di Mandalika.

Di parc ferme Rea mengganti nomor motornya menjadi 65, karena Razgatlioglu merupakan juara baru WSBK musim ini setelah mengamankan titelnya berkat finis runner-up di Race 1 pada Minggu pagi.

Razgatlioglu menjadi pebalap yang mematahkan rentetan gelar juara dunia Rea yang dominan di enam musim sebelumnya, serta menjadi pebalap Turki pertama yang mencatatkan namanya sebagai juara dunia WSBK.

Itu juga menjadi kali pertama Yamaha menjadi juara dunia sejak Ben Spies memenangi WSBK pada 2009 silam.

Razgatlioglu mengakhiri musim dengan keunggulan 16 poin atas Rea yang berarti tim Pata Yamaha with Brixx WSBK berhak atas gelar juara dunia tim.

Yamaha juga menambah selebrasinya hari ini, karena merebut titel konstruktor mengalahkan Ducati yang terpaut 13 poin di peringkat kedua untuk menyapu bersih tiga gelar di musim 2021. (Ant)

Lihat juga...