Rest Area Modern Sistem Digital 4.0 untuk Truk Miliki Segudang Manfaat Strategis

JAKARTA — Rest Area Modern Sistem Digital 4.0 untuk truk yang pertama di Indonesia yang berada di tepian Jalan Tol Cikampek dan baru saja dilauching memiliki berbagai manfaat strategis. Di antaranya tempat istirahat driver, training center hingga memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung.

Media Relations Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi, Thowaf Zuharon menyebutkan, kawasan yang hadir dari kerja sama BBR Logistik dan PT. Mandala Pratama Permai (milik Tommy Soeharto) yang tergabung dalam Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi ini akan menyediakan Pul Terpadu bagi pengusaha truk dalam menjalankan bisnisnya.

“Dalam Rest Area tersedia tempat istirahat driver, Training Center yang akan selalu melakukan rekrutmen dan pelatihan bagi calon sopir logistik dan akan disalurkan ke mitra PT Bintang Baru Raya (BBR) dan PT Global Putra Internasional (GPI),” sebutnya dalam rilis yang diterima Cendana News, Rabu (10/11/2021).

Selain itu juga ada fasilitas bengkel Multi Brand, penyediaan Sparepart, food court, dan berbagai pendukung lain. Dengan fasilitas tersebut, para supir diharapkan dapat bekerja dengan baik, mempertimbangkan aspek keselamatan kerja, serta bisa menyiapkan unit kerjanya (truk) sebelum melakukan muat.

Dikatakan, Rest Area ini juga akan dilengkapi dengan sistem IT untuk mengontrol In – Out truk, sehingga dapat terkoneksi dengan pengguna jasa truck untuk melakukan online registrasi, serta tidak perlu menunggu lama di pabrik.

Kawasan Rest Area ini juga akan dilengkapi Security Sistem modern untuk menjamin keamanan. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat memberi nilai lebih pada kawasan industri, karena ditunjang dengan fasilitas/sarana penting sebagai penunjang alur pendistribusian barang hasil industri maupun bahan baku industri.

Selain itu, PT. Bintang Baru Raya (BBR) selaku pengelola Kawasan Parkir Truck Terintegrasi ini merupakan sebuah Perusahaan Logistik yang telah berpengalaman lebih dari 21 tahun dan telah banyak bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan multinasional. Selain menyiapkan fasilitas Parking, Rest Area ini juga menyediakan Warehouse bagi mitra yang tergabung, dan juga memfasilitasi Perusahaan atau Pengusaha Truck Perseorangan yang tergabung dengan Transportasi Management Sistem.

Secara teknis, Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi akan memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung, dengan menerapkan sistem tagihan secara otomatis berdasarkan data order yang telah dicatat di sistem, sehingga supir dapat langsung melihat berapa nilai uang jalan dan pekerjaan yang ditetapkan oleh admin kantor melalui aplikasi Handphone. Kemudian, admin kantor akan mendapatkan dokumen tanda terima secara elektronik, sehingga bisa membuat tagihan tanpa menunggu mobil kembali.

Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi juga akan menerapkan sistem transparansi data, antara lain pengumpulan berbagai macam data kendaraan (data maintenance, utilisasi kendaraan, biaya-biaya operasional, laba/rugi per kendaraan, dan metric kendaraan lainnya secara real-time), sehingga para pengusaha Truck yang bergabung dapat melakukan maintenance dengan tepat.

Lihat juga...