RSUDAM Lampung Siap Hadapi Lonjakan Covid-19

BANDAR LAMPUNG – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, Lukman Pura, mengatakan ruang perawatan siap digunakan bagi pasien guna mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19.

“Jumlah tempat tidur di RSUDAM ada 268 tempat tidur dan siap untuk digunakan sebagai antisipasi jika terjadi kenaikan kasus Covid-19,” ujar Lukman Pura saat dihubungi di Bandar Lampung, Selasa (16/11/2021).

Ia mengatakan, telah disiapkan pula ruangan serta ketersediaan obat-obatan bagi perawatan pasien. “Ruangan sudah disiapkan untuk penanganan, namun kita tidak berharap akan ada penambahan. Obat-obatan pun sudah terjamin ketersediaannya dengan menjalin kerja sama dengan pemasok obat, dan kita usahakan jadi yang utama dalam pemenuhan obat kepada pasien,” ucapnya.

Menurutnya, sebagai rumah sakit rujukan utama pihaknya telah bersiap menyediakan sumber daya manusia bagi penanganan pasien Covid-19.

“Sumber daya manusia sudah dipersiapkan, dan kita juga memanfaatkan jejaring relawan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang terpapar Covid-19,” katanya.

Dia mengatakan, ada strategi lain yang dilakukan untuk kesiapan mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, yakni dengan memperkuat jejaring institusi kesehatan di kabupaten.

“Selain melakukan penapisan awal bagi pemeriksaan pasien, mempercepat layanan kesehatan, juga memperkuat jaringan instansi kesehatan, seperti rumah sakit di kabupaten dan peran serta lintas sektor,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, juga perlu penguatan protokol kesehatan kepada masyarakat untuk mencegah adanya persebaran Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat pun harus tetap dijalankan untuk mencegah penularan Covid-19,” katanya. (Ant)

Lihat juga...