Rupiah Melemah Rp14.199 per Dolar AS

JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan, terkoreksi seiring pelaku pasar yang menanti kebijakan bank sentral Amerika Serikat The Fed.

Rupiah pagi ini melemah 31 poin atau 0,22 persen ke posisi Rp14.199 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.168 per dolar AS.

“Minggu ini fokus rupiah relatif mengarah ke USD karena menunggu keputusan The Fed apakah akan melakukan perubahan kebijakan moneter atau tidak,” kata analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Nikolas Prasetia saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Menurut Nikolas, keputusan apapun yang akan dikeluarkan oleh The Fed akan diwaspadai oleh pelaku pasar karena bisa memengaruhi kinerja rupiah pada pekan ini.

“Selain The Fed, minggu ini diramaikan juga dengan data Non Farm Payroll (NFP), proyeksinya cukup bagus untuk USD. Dengan kedua isu besar tersebut, bisa membuat kinerja rupiah sedikit banyak akan wait and see,” ujar Nikolas.

Lihat juga...