Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Bergandeng Tangan Hidupkan Sektor Seni

JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno mengajak masyarakat saling bergandengan tangan untuk menghidupkan sektor seni.

Sandiaga mengatakan bahwa sektor seni adalah salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Berbagai pertunjukan seni mulai dari musik, teater hingga pameran seni rupa banyak yang ditunda bahkan dibatalkan.

“Saya mengajak kita semua untuk bergandengan tangan untuk seni. Pandemi COVID-19 memaksa kita untuk berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi, tak luput juga sektor seni rupa,” ujar Sandiaga dalam pembukaan “Art Moments Jakarta” pada Jumat.

Pada Oktober 2021, pemerintah telah mengizinkan penyelenggaraan seni pertunjukan dan pameran setelah diberlakukannya PPKM level 1 di wilayah Jawa-Bali dengan kapasitas maksimal 75 persen untuk kegiatan seni pertunjukan/pameran indoor ataupun outdoor.

Kegiatan seni pertunjukan/temporer seperti teater, musik dan orkestra dapat dilaksanakan dengan maksimal kapasitas 50 persen pengunjung dan wajib dapat rekomendasi dari Satgas COVID-19 dan kepolisian.

Sandiaga mengatakan kemenparekraf berupaya melakukan berbagai cara untuk menghidupkan sektor seni. Segala ide yang disampaikan oleh para seniman diterima dengan tangan terbuka, termasuk mendukung diselenggarakannya acara pameran seni serta festival film dan musik.

“Kemenparekraf sangat mengapresiasi segala ide dan upaya dari segala insan kreatif di Indonesia untuk tetap mendorong terlaksananya kegiatan-kegiatan positif dalam bingkai protokol kesehatan,” kata Sandiaga.

Sebagai bentuk adaptasi dengan situasi pandemi, Sandiaga meminta insan seni untuk berinovasi dan menciptakan kebiasaan baru agar masyarakat secara luas dapat menikmati pertunjukan seni, salah satunya lewat pameran seni rupa dengan konsep hibrida.

“Ini adalah salah satu upaya bentuk beradaptasi dengan kebiasaan baru khususnya di bidang seni rupa agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas,” ujar Sandiaga.​​​​​​

Sandiaga juga mengajak seluruh masyarakat untuk bisa bergandengan tangan dalam mewujudkan pemulihan ekonomi nasional.

“Kami mengajak semua pihak untuk semakin berperan aktif dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga. [Ant]

Lihat juga...