Sate Tempe Bacem, Penambah Kelezatan Nasi Uduk

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Nasi uduk jadi salah satu kuliner tradisional yang kerap digunakan sebagai menu sarapan. Olahan berbahan beras tersebut merupakan menu sarapan yang kerap disajikan bersama sejumlah lauk.

Salah satu lauk yang kerap dihidangkan bersama nasi uduk berupa tempe goreng, orak arik tempe, telur dadar, bihun goreng, telur asin, sambal tomat, bawang goreng. Salah satu lauk favorit berupa sate tempe bacem.

Lauk sate tempe bacem disajikan bersama nasi uduk jadi ciri khas pada warung milik Happy. Warga Kelurahan Jaga Baya 1 Kecamatan Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung itu mengaku sudah lima tahun berjualan nasi uduk.

Pak Happy menyiapkan pesanan menu nasi uduk milik pelanggan, Sabtu (13/11/2021) – Foto: Henk Widi

Selain nasi uduk bersama sang istri ia menyediakan olahan nasi kuning dan lontong sayur. Menu sate tempe bacem sebutnya jadi salah satu varian lauk untuk menikmati nasi uduk buatannya.

Proses pembuatan kuliner tradisional tersebut ungkap Happy dilakukan sejak Subuh. Khusus untuk nasi uduk pengolahan dilakukan dengan memakai beras rojo lele.

Beras yang telah dibersihkan lalu dikukus atau didang bersama santan kelapa, daun pandan, garam. Setelah matang nasi yang telah dikukus matang dibantu sang istri ia menyiapkan berbagai lauk salah satunya sate tempe bacem.

“Nasi uduk disajikan minimal dengan sambal tomat dan bawang merah goreng karena nasi tersebut dikenal dengan sego gurih, namun varian lauk yang bisa disantap dengan nasi uduk cukup beragam sesuai selera dan ketersediaan penyedia kuliner,” terang Happy saat ditemui Cendana News, Sabtu (13/11/2021).

Happy bilang pembuatan lauk sate tempe bacem untuk nasi uduk cukup mudah. Tempe bungkus daun pisang yang telah disiapkan lalu direbus memakai sejumlah bumbu.

Sejumlah bumbu bacem yang disediakan berupa lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, gula merah, merica. Setelah semua bahan dihaluskan dengan cobek lalu campurkan dengan tempe yang telah dipotong ukuran dadu. Sebelum direbus diamkan tempe dengan bumbu.

Tempe yang telah diberi bumbu selanjutnya dikukus dalam wajan. Kunci agar tempe bacem sempurna meresap dengan menutup memakai daun pisang dan penutup wajan. Setelah matang dinginkan tempe yang telah dibacem lalu tusuk dengan penusuk sate.

Sate tempe bacem yang matang selanjutnya digoreng sebagian dibiarkan tanpa digoreng. Sajikan untuk pelengkap nasi uduk. Semakin lengkap dengan sambal, taburan bawang goreng.

“Konsumen kerap membeli nasi uduk dengan tambahan sesuai selera seperti sate tempe bacem dan telur dadar,” terangnya.

Happy yang berjualan dekat akses jalan pahlawan itu mengaku kini hanya menyiapkan sekitar lima kilogram. Pelanggan sebutnya dominan sejumlah pekerja sektor informal seperti tukang becak, penyedia jasa ojek online hingga sejumlah pedagang di pasar tradisional.

Saat kegiatan sekolah kembali beroperasi ia menyebut dominan pelajar dan mahasiswa yang menjadi pelanggan tetap.

Sate tempe bacem sebut Happy memiliki tekstur lembut, aroma harum dan rasa yang gurih. Disajikan bersama dengan nasi uduk yang hangat, varian lauk tersebut bisa menjadi energi saat pagi hari.

Ia menyebut sebagian pelanggan menyukai sate tempe bacem tanpa digoreng. Ia juga menyebut saat harga minyak goreng per kemasan isi 1 kilogram dibeli Rp18.000 dari semula Rp14.500 ia mengurangi tempe bacem digoreng.

Stevani, salah satu pelanggan nasi uduk pak Happy menyebut ia mengurangi makanan digoreng. Menu nasi uduk yang didang atau dikukus sebutnya nikmat disantap bersama dengan sate tempe bacem.

Stevani, salah satu pelanggan nasi uduk Pak Happy dengan lauk sate tempe bacem, Sabtu (13/11/2021) – Foto: Henk Widi

Satu porsi nasi uduk sebutnya dibeli dengan harga Rp5.000, ditambah sate tempe bacem Rp2.000, telur rebus Rp3.000 cukup terjangkau. Nasi uduk dengan lauk sate tempe bacem sebutnya jadi penambah energi untuk aktivitas harian.

Sate tempe bacem sebut Stevani memiliki kandungan protein tinggi. Diolah dengan cara direbus, memakai sejumlah bumbu membuat lauk terasa nikmat. Menikmati nasi uduk sebutnya semakin lengkap dengan memakai sambal tomat dan bawang goreng.

Sebagai menu sarapan makanan tradisional tersebut kerap disajikan kepada keluarganya saat enggan memasak di rumah.

Sate tempe bacem selain digunakan untuk menikmati nasi uduk juga bisa jadi camilan nan lezat.

Lihat juga...