Selama November, Ada Penambahan 29 Kasus Covid-19 di Banyumas

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Selama bulan November ini, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas bertambah 29 orang. Penambahan kasus baru ini jauh menurun jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, yang dalam satu bulan mencapai ratusan kasus baru.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, selain kasus positif menurun, angka kematain juga mengalami penurunan dratis. Hingga memasuki pertengahan bulan ini, pasien Covid-19 yang meninggal di Banyumas hanya ada dua orang.

“Bulan ini perkembangannya sangat bagus, kasus positif turun dan angka kematian juga turun,” jelasnya, Jumat (12/11/2021).

Jika dibandingkan bulan sebelumnya, pada Oktober penambahan kasus positif Covid-19 mencapai 144 orang dan jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia ada 20 orang. Dan pada bulan September, penambahan kasus positif masih cukup tinggi yaitu 773 orang dan kasus meninggal dunia ada 74 orang.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas, Kombes M Firman L Hakim mengatakan, meskipun kasus Covid-19 di Banyumas sudah melandai, namun yang perlu diwaspadai dalam waktu dekat adalah momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebab, jika ada libur panjang, maka mobilitas masyarakat dipastikan meningkat.

“Jangan sampai Banyuman menjadi importir Covid-19 pada akhir tahun nanti, sehingga berbagai persiapan harus dilakukan, termasuk pembatasan mobilitas masyarakat. Tetapi karena kita sudah pada level 2, maka peningkatan mobilitas masyarakat memang tidak bisa dihindari,” tuturnya.

Lebih lanjut Kapolresta mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mengatur sistem pengamanan agar tidak terjadi kerumunan pada titik-titik pusat keramaian. Sebab Banyumas memiliki banyak lokasi potensi keramaian, mulai dari tempat wisata hingga rumah makan dan pusat perbelanjaan, cafe serta lainnya.

“Silakan bepergian ataupun berwisata, namun protokol kesehatan jangan ditinggalkan. Tetap selalu menggunakan masker dan menjaga jarak di tempat umum,” pesannya.

Lihat juga...