Siswa SMPK Frater Maumere Raih Emas Lomba Sains Nasional

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Dua siswa SMPK Frater Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, meraih medali emas dalam kompetisi sains nasional bidang studi IPS Terpadu dan juara harapan.

Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd., mengaku bangga dengan pencapaian dua siswanya tersebut.

“Kami menyampaikan apresiasi atas pencapaian dua siswa kami meraih emas dan juara harapan di ajang kompteisi sains tingkat nasional. Prestasi ini mengharumkan nama sekolah, kabupaten dan provinsi,” sebut Frater Herman, saat ditemui Kamis (18/11/2021).

Frater Herman menambahkan, pihak sekolah akan memberikan penghargaan atas prestasi yang diraih kedua siswa ini, termasuk kepada kedua guru pendamping siswa tersebut.

Dia menyebutkan, raihan ini merupakan prestasi langka, di mana keduanya bisa berprestasi dan bersaing dengan siswa-siswi lainnya dari provinsi lain di seluruh Indonesia.

“Kami akan memberikan penghargaan yang layak kepada kedua siswa ini dan kedua guru pendamping mereka,” ucapnya.

Sementara itu siswa kelas IX SMPK Frater Maumere, Aaron Evander Kurniawan, yang meraih medali emas di tingkat nasional juga mengkaku bangga bisa mengharumkan nama sekolah, kabupaten dan provinsi di tingkat nasional.

Aaron mengatakan, dirinya bersama siswi SMP Frater lainnya, Sixtia Amelia Mekeng, mengikuti lomba bidang Studi IPS Terpadu Tingkat Nasional selama dua hari, pada 8-9 November 2021.

“Hari pertama kami mengerjakan 8 soal uraian, dan hari ke dua kami menjawab soal pilihan ganda sebanyak 60 nomor. Kami juga mengerjakan soal uraian sebanyak 8 nomor di hari ke dua,” terangnya.

Aaron mengaku dengan waktu 2,5 jam yang disiapkan, dirinya bersyukur bisa mengerjakan semua soal dengan baik hingga bisa meraih juara pertama tingkat nasional.

Dirinya mengatakan, sebelum bertanding telah mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan membaca dan menguasai materi seputar IPS Terpadu dari berbagai buku, internet, menonton televisi dan berbagai sumber lainnya.

“Setelah selesai mengerjakan soal, saya optimis saya pasti meraih medali. Saya bangga bisa berprestasi berkat bimbingan dari guru dan motivasi dari sekolah dan teman-teman,” ucapnya.

Dalam kompetisi sains tingkat nasional bidang studi IPS Terpadu, Aaron Evander Kurniawan meraih medali emas dan Amelia Mekeng meraih juara harapan. Keduanya mewakili provinsi NTT di tingkat nasional, setelah meraih juara pada lomba di tingkat kabupaten hingga provinsi.

Lihat juga...