SMK Sura Dewa Flotim Kembali Gelar Pameran Seni Rupa

Editor: Makmun Hidayat

Guru SMK Sura Dewa, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Zaeni Boli, Jumat (12/11/2021). -Foto: Ebed de Rosary/HO-Dok. Zaeni Boli

LARANTUKA — SMK Sura Dewa, Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar pameran seni rupa yang kelima kalinya sejak tahun 2018.

Koordinator pameran, Zaeni Boli menyebutkan, pameran seni rupa kali ini mengusung tema New Normal, New Spirit.

“Pada setiap gelarannya kami selalu menggandeng seniman lokal Flores Timur sebagai seniman tamu yang hadir lewat karyanya,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (12/11/2021).

Zaeni mengatakan, pameran kelima tahun 2021 ini, pihaknya menggandeng seniman bambu Philipus Dadu Tukan dan juga seniman muda berbakat Windy Ratuloli.

Ia menjelaskan, pameran seni rupa yang diadakan oleh SMK Sura Dewa bertujuan agar peserta didik dapat belajar dan menggali pengalaman dari seniman tamu yang diundang.

“Pelaksanaan pameran juga bertujuan agar melatih kemampuan bekerja sama para siswa, menempa disiplin serta siswa dapat memiliki rasa tanggung jawab,” ungkapnya.

Zaeni menegaskan, pameran seni rupa kali ini dilaksanakan di luar sekolah dengan maksud agar pengunjung maupun siswa-siswi SMK Sura Dewa dapat merasakan langsung suasana sebuah pameran seni supa yang sesungguhnya .

Lanjutnya, dengan pameran seni rupa, ada upaya sederhana dari SMK Sura Dewa untuk membangun geliat kesenian dan kemandirian serta otokritik pada daerah.

Ia menyebutkan, Flores Timur terkenal dan dikenal memiliki banyak seniman berbakat terutama seniman seni rupa namun belum memiliki galeri seni rupa.

“Dalam pelajaran seni budaya kelas 10 terdapat bab tentang pameran seni rupa. Hampir 90 persen siswa  di kelas 10 belum pernah mengetahui dan mengalami suasana pameran seni rupa yang sesungguhnya,” tuturnya.

Zaeni mengakui, pameran ini merupakan upaya dirinya agar para siswa dapat mengalami langsung apa itu pameran seni rupa sekaligus belajar menjadi panitia dari pameran tersebut.

Dia menambahkan, dalam pameran seni rupa kelima SMK Sura Dewa, kepanitiaannya semua berasal dari siswa dengan didampingi oleh guru seni budaya.

“Pameran nya akan digelar pada tanggal 13 sampai 14 November 2021 mulai pukul 16.00 sampai 20.00 WITA bertempat di Cafe Quburan. pantai susteran  Larantuka, Flores Timur,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian mengapresiasi kegiatan pameran seni rupa yang dilakukan SMK Sura Dewa.

Maksi sapaannya menyebutkan, para siswa hendaknya dibekali dengan pengetahuan mengenai seni budaya agar bisa berkreasi dan menelurkan karya-karya berkualitas.

“Sejak SMA siswa memang perlu diperkenalkan dengan seni dan budaya agar bisa menggali potensi seni budaya yang ada di daerah dan bernilai jual.Saya melihat banyak siswa memiliki potensi tersebut hanya perlu diberi ruang untuk berkreasi,” ungkapnya.

Lihat juga...