Tangerang Kembangkan Budi Daya Porang

TANGERANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Banten, mengembangkan budi daya tanaman porang, guna membangun entrepreneurship dan meningkatkan ekonomi para petani di daerah itu.

Kepala Dispertan Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan, mengatakan dalam pengembangan budi daya porang tersebut dilakukan penanaman perdana oleh pihaknya di wilayah Graha Pembibitan Porang di kampung Margasari, Desa Kedung Dalam, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

“Pada Minggu (21/11) kemarin, Dinas pertanian mendapat kesempatan dan launching taman perdana budi daya tanaman porang dari mitra kami, yaitu Rescue Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam rangka entrepreneurship untuk para petani di kabupaten Tangerang,” katanya di Tangerang, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, dalam pengembangan tanaman porang di Kabupaten Tangerang akan memiliki prospek cukup baik dan menjanjikan bagi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Karena, lanjut dia, tanaman porang ini adalah jenis famili umbian yang memiliki harga jual tinggi di pasaran. Tumbuhan ini belum marak ditanam di Indonesia, tetapi sudah mulai dibudidayakan di sejumlah wilayah, seperti Madiun dan Surabaya.

“Untuk itu, kami akan mencoba tanam di Banten, khususnya di daerah Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pengembangan budi daya tanaman porang bisa menjadi wadah untuk membangun entrepreneurship, dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat atau khususnya bagi para petani wilayah Kabupaten Tangerang.

Selain itu, ia juga menyampaikan, hadirnya ACT untuk memberikan pelatihan dan pemahaman tentang porang ini sangat diperlukan untuk membimbing petani, bagaimana cara pembibitan, hingga penanaman dan perlakuan khusus terhadap tanaman tersebut.

“Penjelasan ini disampaikan kepada para petani Poktan yang ada di Kabupaten Tangerang,” kata Azis.

Sementara itu, Komandan Rescue Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kusmayadi mengatakan, salah satu program entrepreneurship dari relawan rescue adalah program budidaya tanaman porang.

“Kami dalam hal ini dari tim ACT bekerja sama dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Tangerang untuk pengembangan budi daya tanaman porang. Targetnya bisa meningkatkan taraf hidup para petani yang ada di kabupaten Tangerang,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...