Tekhnik Stek Stolon dan Umbi, Cara Cepat Budidaya Ubi Jalar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Ia juga kerap menerapkan teknik umbi untuk memperbanyak bibit melalui mata tunas. Umbi yang telah dipilih berukuran besar diletakkan dalam bak berisi pasir basah. Susun umbi dengan jarak seragam tunggu hingga menghasilkan mata tunas.

Teknik perbanyakan bibit memakai mata tunas dari umbi sebutnya bisa diterapkan saat kondisi darurat. Kondisi tersebut bisa diterapkan untuk menambah bibit setelah bibit dari solon telah diperoleh.

“Pupuk subur dan tanah gembur akan memberi hasil umbi rata rata satu kilogram setiap rumpun bahkan bisa lebih,” ulasnya.

Tumpang sari dilakukan oleh Sumarni dengan memanfaatkan guludan untuk menanam ubi jalar, buncis, kacang panjang, Senin (29/11/2021). Foto: Henk Widi

Budidaya ubi jalar varietas merah dan putih sebutnya dilakukan bersama komoditas lain. Hasil panen berupa tomat rampai, cabai, terong, kacang panjang, kacang tunggak dan leunca. Ia memiliki salah satu pengepul yang membeli hasil panen miliknya untuk dijual pada pasar tradisional. Penanaman tumpang sari ubi jalar sebutnya sekaligus sebagai sumber untuk pakan ternak pada daun kacang panjang, buncis dan ubi jalar.

Stevani, salah satu warga Bumi Waras membeli sayuran segar dari kebun milik Sumarni. Ia menyebut sistem budidaya dengan tumpang sari lebih efesien. Sebagian tanaman ubi jalar sebutnya ditanam pada guludan untuk budidaya tanaman lain. Hasilnya panen berkelanjutan bisa dilakukan untuk beragam komoditas. Sayuran jenis kacang panjang, buncis dan sayuran jenis lain bisa dipanen setiap hari secara bertahap.

Lihat juga...