Telur Ayam Asin, Dibuat Tanpa Abu dan Hanya Direndam Bumbu Rempah

Editor: Maha Deva

Telur ayam direndam memakai air garam yang telah direbus dengan memakai bumbu cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe dan pala, Sabtu 13 November 2021 - Foto Henk Widi

LAMPUNG – Telur asin, identik terbuat dari telur bebek dan proses produksi memakai abu gosok. Kuliner yang dikenal memiliki rasa gurih dan lezat tersebut, bisa memakai alternatif bahan telur ayam dan dibuat tanpa memakai abu.

Telur ayam, bisa dibuat menjadi asin tanpa harus membeli. Stevani, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung menyebut, telur ayam asin dibuat dengan sistem rendam.

Kunci keberhasilan membuat telur asin dengan sistem rendam adalah berupa kebersihan. Satu kilogram telur ayam yang berisi lima belas butir bisa dibuat sekaligus. Penggunaan telur ayam kampung atau ayam negeri dipilij, karena harga lebih ekonomis bila dibandingkan dengan telur bebek.

Telur yang telah dipilih, tahap selanjutnya bisa direndam dalam air yang bertujuan memilih telur dalam kondisi baik. Telur yang tenggelam bisa digunakan, sementara telur yang mengambang bisa disisihkan. Tiriskan air lalu dilap hingga kering.

“Pori pori kulit telur ayam harus dibersihkan agar proses penyerapan air garam dan beragam bumbu bisa masuk ke dalam cairan, teori osmosis pada telur yang mengandung air akan menghasilkan telur asin yang gurih dengan membersihkan kulit telur ayam memakai ampelas hingga pori-pori terbuka,” ujar Stevani, saat ditemui Cendana News, Sabtu (13/11/2021).

Setelah diampelas, telur ayam selanjutnya dibersihkan dengan lap bersih dan cuci bersih hingga pori-pori lebih terbuka. Selanjutnya, siapkan sejumlah bumbu pelengkap untuk bahan perendaman berupa, irisan cabai merah, bawang putih, bawang merah, irisan jahe. Semua bahan tersebut diiris agar tetap utuh dan mudah ditaburkan. Selanjutnya, rebus satu bungkus garam beryodium, takaran satu bungkus digunakan untuk membuat satu kilogram telur asin.

Qiandra, menikmati nasi hangat dengan lauk telur asin sistem rendam di Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, Sabtu 13 November 2021 – Foto Henk Widi

Didihkan air yang telah diberi garam hingga larut lalu aduk hingga merata. Air garam yang telah panas selanjutnya dinginkan pada suhu ruangan. “Tahap selanjutnya, telur ayam yang telah dibersihkan dengan cara diampelas lalu disusun dalam wadah plastik,” jelasnya.

Telur ayam yang telah disusun, selanjutnya disiram dengan air garam yang telah didinginkan. Taburi telur ayam dengan memakai bumbu irisan cabai merah, bawang merah, bawang putih, cabai dan pala. Siram kembali dengan air garam dengan posisi susunan telur seluruhnya terendam.

Tutup wadah hingga udara tidak bisa masuk, agar lebih kuat beri pemberat batu atau diikat memakai karet. Diamkan selama sepuluh hingga lima belas hari. Proses penyerapan air garam, bumbu rempah yang terlarut akan berlangsung sempurna selama dua pekan.

Perendaman sempurna membuat telur ayam bisa memiliki rasa gurih, asin sempurna dan awet. Agar telur ayam menjadi asin sempurna, wadah tidak boleh dibuka. Saat sepuluh hari, ambil sebagian telur dan rebus hingga matang, seperti merebus telur pada umumnya.

Pembuatan telur asin akan sempurna dengan takaran garam yang tepat. Pada proses pembuatan dalam jumlah banyak, bisa menggunakan wadah lebih besar. Semakin banyak jumlah telur yang akan diproses, maka kebutuhan garam dan bumbu bisa diperbanyak. Harga perkilogram telur ayam Rp24.000, bisa diawetkan dengan pembuatan telur asin. Telur asin buatan sendiri bisa menghemat pengeluaran. Telur asin yang telah direbus di sejumlah pengecer, biasa dijual Rp4.000 hingga Rp5.000 perbutir.

Telur asin yang telah direndam sebutnya bisa disimpan untuk direbus sewaktu waktu. Telur bisa disimpan agar lebih awet dengan cara merebusnya lalu disimpan dalam wadah yang kering.  “Sajikan dalam kondisi hangat, sehingga akan lebih terasa lezat dan gurih untuk disajikan sebagai camilan, lauk,” bebernya.

Qiandra, salah satu anggota keluarga menyebut, telur ayam yang diasinkan memiliki rasa gurih. Saat telur asin dibelah, bagian putih telur dan kuning telur memiliki rasa yang gurih. Agar lebih mudah dikonsumsi, telur ayam asin bisa disajikan dengan cara dibelah. Telur asin dari telur ayam bisa dinikmati bersama dengan sambal tomat, sambal terasi. Dinikmati bersama sayur kuliner telur asin bisa jadi lauk alternatif nan lezat.

Lihat juga...