Terung Bumbu Tomat Disukai Warga Sikka

MAUMERE – Terung merupakan salah satu sayur yang digemari warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur, termasuk di wilayah Kabupaten Sikka.

Saat ditemui di tempat penjualan nasi kuning miliknya di Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Maria Wiliborda Parera mengatakan sayur terung bumbu tomat banyak digemari warga.

“Sebelumnya saya menjual nasi kuning dicampur ikan dan bihun. Namun setelah saya mengganti bihun dengan terung, ternyata banyak yang suka,” sebut Maria, Sabtu (27/11/2021).

Maria menyebutkan, bahan-bahan untuk membuat terung bumbu tomat berupa terung ungu, tomat, lombok keriting, lombok kecil, garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya.

Warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria Wiliborda Parera, sàat ditemui di tempat jualannya, Sabtu (27/11/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Cara membuatnya, terang dia, pertama-tama potong setiap terung menjadi dua atau tiga bagian, lalu dibelah menjadi dua bagian.

“Rendam sebentar terung dengan air hangat sekitar 30 menit, lalu sesudahnya tiriskan airnya dan goreng hingga matang,” ucapnya.

Sesudahnya, lanjut Maria, buat bumbunya dengan cara memotong tomat dan lombok hingga berukuran kecil, lalu haluskan menggunakan cobek.

Ia menambahkan, tumis bumbu tersebut di wajan hingga setengah matang, sambil terus diaduk agar merata.

Masukkan garam, gula dan penyedap rasa sambil tetap diaduk bumbunya, agar bisa merata sambil dicicipi apakah sudah sesuai rasanya.

“Masukkan terung yang sudah digoreng ke dalam bumbu yang hampir matang tersebut sambil diaduk hingga bumbu meresap ke dalam terung. Angkat dan hidangkan,” terangnya.

Seorang warga Kelurahan Wairotang, Irenius Nong, menyebutkan dirinya sering menyantap nasi kuning dengan lauk terung bumbu tomat.

Irenius mengaku lebih suka sambal bumbu tomat agak sedikit pedas, sehingga terasa lebih nikmat dan lezat. “Paling enak terung bumbu tomat disantap bersama ikan cakalang atau tuna goreng. Apalagi, kalau disantap bersama nasi kuning,” tuturnya.

Lihat juga...