Tiga Kecamatan di Bangka Aman dari Sebaran Covid-19

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra -Ant

SUNGAILIAT – Tiga dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Kecamatan Bakam, Mendo Barat dan Merawang, dinyatakan zona aman dari sebaran Covid-19, setelah pasien yang dirawat semuanya sembuh.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, mengatakan tidak ditemukan sebaran kasus Covid-19 di tiga kecamatan itu, karena semua pasien aktif sudah sembuh setelah menjalani proses pemulihan kesehatan.

Sementara masih ada 11 kasus aktif dari lima desa yang saat ini masih dalam perawatan, baik di balai isolasi maupun di rumah sakit setempat.

Belasan kasus aktif yang berada di lima desa kecamatan masing-masing di Kecamatan Belinyu terdapat dua kasus, Pemali satu kasus, Puding Besar tiga kasus, Riau Silip dua kasus serta di Kecamatan Sungailiat terdapat tiga kasus.

Grafik sebaran Covid-19 yang menurun menunjukkan indikator keberhasilan pemerintah daerah itu melakukan pencegahan dan penanganan “severe acute respiratory syndrome coronavirus” 2 (SARS-CoV-2) yang sudah terjadi selama dua tahun.

Realisasi layanan vaksinasi untuk mencapai target cakupan 70 persen dari 255.161 sasaran hingga limit akhir 2021 terus dimaksimalkan, serta operasi yustisi penerapan prokes di area publik masih terus dioptimalkan, termasuk pula penyekatan pintu masuk ke wilayah tersebut.

“Saya ingatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, agar tetap disiplin menerapkan prokes dan bersedia untuk divaksin meskipun kasus Covid-19 sudah melandai,” ujarnya.

Berdasarkan data informasi perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka, terdata angka kumulatif selama hampir dua tahun mencapai 9.811 orang, 9.437 sembuh serta 363 pasien meninggal dunia. (Ant)

Lihat juga...