Tiga Pebalap Indonesia Berlaga di Mandalika

LOMBOK TENGAH – Tiga pebalap Indonesia siap memulai balapan dari baris ketiga IDEMITSU Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Tiga pebalap dari Astra Honda Racing Team (AHM) tersebut, yakni Fadillah Arbi Aditama yang berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi yang digelar pada Sabtu (13/11).

Pebalap lainnya adalah Reykat Yusuf Fadillah yang melakukan debut perdananya dan membuat kejutan dengan mendapatkan posisi start kesembilan, disusul Herjun Firdaus, akan mengisi posisi 10 di grid.

Di belakang mereka, empat pebalap AHM Indonesia lainnya memulai start dari baris keempat, yakni posisi start 12 ditempati Azryan Dheyo. Sedangkan Herlian Dandi, serta Veda Ega Pratama, masing-masing akan start dari posisi 14 dan 15.

“Dalam adaptasi lintasan di sesi free practise (FP), saya sudah mempelajari beberapa tikungan yang menurut saya perlu dicari titik maksimalnya. Saya mencoba beberapa titik pengereman agar keluarnya bisa cepat,” kata Fadillah Arbi Aditama.

Menurut dia, raihan waktu pada sesi kualifikasi masih belum terlalu bagus, tapi sudah punya bekal menghadapi qualifiying practise (QP).

Ia juga mengaku agak kesulitan mencari catatan waktu di masa awal QP karena terjebak dalam rombongan yang padat.

“Sesaat saya mencoba beranjak dan melakukan upaya mengejar barisan depan, saya dapat meraih catatan terbaik saya. Memang belum bisa di front row. Tapi cukup untuk modal saya bertarung berebut podium di race nanti,” tutur Fadillah.

Sementara itu, Reykat Yusuf Fadillah, melakukan debut wildcard-nya dan membuat kejutan dengan mendapatkan posisi start kesembilan.

Ia mengaku mencoba belajar dari pebalap yang sudah pengalaman saat FP, sehingga bisa memahami karakter lintasan dan bagaimana cara menghadapinya. Dalam sesi QP, juga berupaya fokus untuk langsung melesat bersama pebalap lain.

“Usaha saya cukup tepat karena catatan waktu saya langsung melonjak di awal QP. Tapi saya kelepasan kendali saat baru lap dua dan mengalami low side. Selepas itu, saya mencoba kembali melakukan upaya agar bisa meraih catatan waktu lebih bagus lagi dan hasil akhirnya saya start dari posisi sembilan saat race nanti,” ucap Reykat.

Para pebalap Astra Honda Racing Team Indonesia akan menjalani dua balapan pada Minggu (14/11), yang merupakan putaran kedua pada seri terakhir musim balap tahun ini.

Mereka bertekad untuk melanjutkan feeling bagus yang mereka dapatkan selama sesi kualifikasi. Dua putaran balapan masing-masing akan dimulai pada pukul 13.00 WITA, dan pukul 17.00 WITA. (Ant)

Lihat juga...