Tingkatkan Minat, KAI Divre Sumbar Hadirkan Inovasi Gerbong Sepeda Non Lipat

PADANG — PT KAI Divre Sumatera Barat menghadirkan inovasi gerbong sepeda non lipat untuk meningkatkan minat masyarakat memanfaatkan layanan kereta api sekaligus mendukung kemajuan pariwisata daerah.

“Inovasi ini hadir setelah diskusi panjang dengan Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Wali Kota Pariaman. Sekarang cukup penghobi sepeda di Sumbar yang selain ingin berolahraha juga ingin berwisata. Kita menghadirkan gerbong sepeda non lipat ini untuk merespon hal itu,” kata Vice President KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) Miming Kuncoro saat peluncuran gerbong di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan fasilitas gerbong sepeda non lipat tersebut saat ini menggunakan KA Sibinuang yang melayani rute Padang-Pariaman-Naras pulang-pergi dengan kapasitas 12 sepeda dalam satu kali perjalanan.

“Masyarakat yang ingin menikmati fasilitas ini tinggal menambahkan pemesanan bagasi sepeda saat memesan tiket KA Sibinuang melalui aplikasi KAI access versi terbaru. Bagasi tidak dikenai biaya tambahan. Jadi cukup membayar sesuai tarif tiket,” katanya.

Ia mengatakan sebelum inovasi itu diluncurkan secara resmi, PT KAI Divre Sumbar telah melakukan ujicoba dengan pengangkutan enam sepeda dari Stasiun Padang menuju Pariaman dan delapan sepeda dari Pariaman menuju Padang. Ujicoba tersebut berjalan lancar tanpa kendala sehingga bisa segera diluncurkan.

“Intinya KAI ingin memberikan pelayanan kepada para pelanggan dengan lebih cepat dan hasil yang lebih baik. Meskipun di tengah pemulihan kinerja keuangan akibat efek pandemi COVID-19, namun KAI tetap berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Sumatera Barat,” jelasnya.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi inovasi dari PT KAI tersebut karena akan sangat mendukung dalam pengembangan pariwisata daerah.

“Apalagi kalau nanti rencana reaktivasi seluruh jalur kereta api di Sumbar bisa terealisasi. Ini akan sangat luar biasa,” katanya.

Ia mengatakan akses layanan kereta api di Sumbar memang harus bisa menghadirkan sebuah inovasi yang bisa menarik minat masyarakat memanfaatkan layanan transportasi massal tersebut.

Wali Kota Pariaman Genius Umar terlihat sangat antusias dengan hadirnya gerbong sepeda non lipat tersebut. “Ayo berwisata ke Pariaman dengan sepeda menggunakan gerbong sepeda non lipat PT KAI,” ajaknya. [Ant]

Lihat juga...