Tundukkan Rusia 1-0, Kroasia Cetak Tiket ke Qatar

Kapten tim nasional Kroasia, Luka Modric (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai memperoleh keunggulan atas Rusia berkat gol bunuh diri Fedor Kudyashov dalam laga pemungkas Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Poljud, Split, Kroasia, Minggu (14/11/2021) - Foto Ant
JAKARTA – Tim nasional Kroasia, mencetak tiket ke Qatar untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022, seusai menundukkan Rusia 1-0 dalam laga pemungkas Grup H kualifikasi zona Eropa di Stadion Poljud, Split, Minggu (14/1/2021).

Hasil itu membuat Kroasia menggusur Rusia dari puncak klasemen akhir Grup H, dengan koleksi 23 poin dan lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. Sedangkan Rusia, yang menempati posisi kedua dengan 22 poin, harus menempuh kemenangan lewat jalur playoff apabila ingin menyusul Kroasia ke Qatar.

Kekalahan itu semakin mengenaskan bagi Rusia, sebab gol semata wayang yang tercipta di laga kontra Kroasia lahir dari gol bunuh diri bek sayap, Fedor Kudyashov, hanya sembilan menit jelang bubaran waktu normal. Berawal dari umpan silang kiriman, Borna Sosa. yang gagal dijangkau nyaris semua pemain di dalam kotak penalti Rusia, Kudyashov, yang berada di posisi kurang menguntungkan namun juluran kakinya malah membuat bola bersarang ke dalam gawang timnya sendiri.

Kendati membutuhkan gol bunuh diri untuk menang, Kroasia tampil lebih dominan sepanjang laga dengan 68 persen penguasaan bola dan melepaskan 19 percobaan tembakan yang lima di antaranya menemui sasaran.

Sebelum gol bunuh diri, Kudyashov, kiper Matvey Safonov beberapa kali dipaksa melakukan aksi penyelamatan sejumlah ancaman, yang dilancarkan tuan rumah, termasuk tandukan tajam, Mario Pasalic, di awal babak kedua dan sundulan, Bruno Petkovic, pada menit ke-61.

Selepas tertinggal, Rusia yang sepertinya sejak awal memburu skor imbang kesulitan untuk membangun serangan, dan gagal menembus koordinasi pertahanan Kroasia yang solid. Dalam pertandingan penutup Grup H lainnya yang berlangsung bersamaan, Slovakia mencukur tuan rumah Malta 6-0 di Stadion Nasional Ta’Qali.

Ondrej Duda, mengemas trigol untuk kemenangan Slovakia, mengikuti dwigol yang dicetak, Albert Rusnak, serta dilengkapi sumbangan satu gol dari, Vernon de Marco. Sementara itu di Stadion Stozice, Ljubljana, Slovenia menang 2-1 atas Siprus, berkat gol-gol Miha Zajc dan Adam Gneda Cerin, yang hanya bisa dibalas sekali oleh tim tamu melalui gol larut. Andronikos Kakoullis.

Hasil-hasil itu membuat Slovakia berakhir di posisi ketiga klasemen akhir Grup H berkat keunggulan selisih gol atas Slovenia meski sama-sama mengoleksi 14 poin. Sedangkan Malta menjadi juru kunci, karena selisih gol defisit 21 buah dibandingkan Siprus yang punya defisit 17 gol, kendati sama-sama memiliki lima poin. (Ant)

Lihat juga...