Wakil Rektor UIN Ar-Raniry: Kuliah Tatap Muka Sudah Digelar

BANDA ACEH – Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, Dr. Gunawan, menyatakan, sebagian besar program studi sudah melaksanakan perkuliahan tatap muka seiring dengan perubahan “level” PPKM di Banda Aceh.

“Pelaksanaan kuliah daring tidak begitu efektif khususnya untuk mata kuliah dasar yang membutuhkan praktik dan tatap muka langsung,” kata Gunawan saat dihubungi di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan sudah ada sejumlah prodi yang mengajukan perkuliahan tatap muka pada semester ini dan pihaknya memberikan persetujuan asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Penerapan 5 M dan vaksinasi merupakan hal penting dalam mendukung program kuliah tatap muka dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19,” katanya.

Menurut dia perkuliahan tatap muka harus segera dilaksanakan karena guru atau dosen akan memiliki hubungan langsung dan dapat meyakinkan mahasiswa atau murid terhadap ilmu yang diberikan.

Menurut dia untuk pelaksanaan tatap muka 100 persen pada semester selanjutnya, pihaknya akan duduk kembali dan menyesuaikan dengan kebijakan dari kementerian serta melihat perkembangan COVID-19 di Aceh dan Banda Aceh khususnya.

Ia mengatakan pembelajaran yang akan diterapkan pasti akan ada beberapa perubahan dibanding dengan sebelumnya dilaksanakan secara daring.

“Kita berharap pelaksanaan tatap muka dapat berlangsung seluruhnya dan COVID-19 dapat segera berakhir,” katanya.

Ia juga berharap masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga kasus COVID-19 tidak naik lagi saat libur akhir tahun dan natal. (Ant)

Lihat juga...