Warga di Tepian Sungai Kapuas Diminta Tetap Siaga

PONTIANAK – Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengingatkan warga, terutama di sepanjang pinggiran Sungai Kapuas di Kalimantan Barat untuk tetap bersiaga, mengingat curah hujan yang masih tinggi dan cenderung meningkat setiap tahun, terlebih kali ini ada pengaruh dari La Nina.

“Tetap berhati-hati dan siaga terus. Sebab, jika berkaca dari dampak La Nina yang saat ini masih ada, cukup mengkhawatirkan. Curah hujan, tiap tahun makin tinggi yang kita hadapi,” kata Tri Rismaharini, saat meninjau korban banjir di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Rabu (3/11/2021).

Ia pada kesempatan itu mengajak Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, yang juga anggota DPR RI Dapil Kalbar 2, salah satunya Kabupaten Sanggau.

“Ini Pak Lasarus Ketua Komisi V mengajak pihak balai untuk menyelamatkan warga di sepanjang Sungai Kapuas. Jika tidak dilaksanakan ini, ke depan makin berat kita,” kata dia.

Tri Rismaharini menyempatkan diri  bersama Lasarus dan Bupati Sanggau Paolus Hadi, untuk menyapa warga dan anak-anak yang ditemui sembari menyerahkan bantuan.

Ia menambahkan, akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengatasi persoalan banjir di Kabupaten Sanggau.

“Sebenarnya ada danau-danau sepanjang Sungai Kapuas yang bisa difungsikan untuk penampungan air. Jika curah hujan tinggi, sehingga tidak melintas ke pemukiman warga, sebab sudah terserap danau tersebut,” ujar dia.

Bantuan yang diserahkan berupa buffer stok di Kabupaten Sanggau sebanyak 156 paket makanan anak, 30 paket family kit, 40 kids ware, 40 food ware, 50 paket peralatan dapur keluarga, 50 lembar kasur merah, 100 lembar matras, 40 lembar tenda gulung, 30 lembar velbed, satu unit tenda serbaguna keluarga (57), satu unit tenda serbaguna merah, dan 2.000 kilogram beras dari total 208.331.406 kilo gram.

Kemudian ada tambahan bantuan baju untuk anak balita laki-laki, baju laki-laki dewasa, pakaian dewasa perempuan, baju anak laki-laki  anak balita perempuan, anak perempuan usia sekolah, dan mainan anak.

Selanjutnya, diapers (popok) serta sembako 300 paket. Sehingga total bantuan Rp288.301.406.

Hadir saat itu, Sekretaris Dirjen Linjamsos Robben Ricco, Pj Sekda Provinsi Kalbar Samuel, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, Kajari Tengku Firdaus, Ketua DPRD Jumadi, Kepala Dinsos Sanggau, Aloysius dan sejumlah pihak lainnya. (Ant)

Lihat juga...