Warga Gunung Putri Bersyukur Kondisi Masjid As-Salam tak Lagi Menyedihkan

Editor: Koko Triarko

TASIKMALAYA – Kondisi Masjid As-Salam di kampung Gunung Putri, RT 04 RW 12 desa Cilampunghilir, kecamatan Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat, tampak jauh berbeda dari sebelumnya. 

Beberapa waktu lalu, kondisi masjid terutama di bagian kamar mandi dan tempat wudhu, nampak sangat memprihatinkan. Selain sebagian fasilitasnya telah rusak, kondisi fasilitas pendukung utama kegiatan peribadatan ini juga nampak kurang terawat.

Namun sejak awal November 2021 ini, kondisi tersebut telah berubah. Kamar mandi atau toilet masjid terlihat dalam kondisi baru, bersih dan tertata. Hal yang sama juga nampak terlihat pada bagian yang biasa digunakan untuk berwudhu oleh masyarakat desa.

Pengurus Masjid As-Salam Kampung Gunung Putri, Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Yayan Suryan. –Ist.

“Sebelum diperbaiki, kondisi masjid terutama tempat wudhu dan toilet sangat menyedihkan. Namun setelah diperbaiki, sudah jauh berubah. Kini, semua warga khususnya jemaah masjid, merasa nyaman menggunakannya,” ungkap salah seorang pengurus masjid As-Salam, Yayan Suryan, belum lama ini.

Perubahan kondisi masjid As-Salam itu bisa terjadi karena adanya program renovasi rumah ibadah, khususnya masjid dan musala dari Yayasan Damandiri, melalui Koperasi Amanah Galunggung Mandiri di desa Cilampunghilir.

Sebanyak 10 masjid dan musala yang tersebar di sejumlah dusun, direnovasi khususnya bagian toilet dan tempat wudhu. Total anggaran mencapai sekitar Rp22juta, digelontorkan untuk program renovasi ini. Seluruhnya berasal dari bantuan Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari.

“Sungguh luar biasa, baru kali ini ada program seperti ini. Kami mewakili warga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Yayasan Damandiri dan Koperasi Amanah Galunggung Mandiri. Semoga makin maju dan jaya. Sebab, adanya program ini sangat dirasakan manfaanya oleh warga,” ungkapnya.

Program renovasi masjid dan musala dilakukan sebagai bentuk kepedulian Yayasan Damandiri, demi melihat banyaknya fasilitas masjid dan musala di desa Cilampunghilir yang mengalami kerusakan.

Lihat juga...