Wedang Gedang, Minuman Khas Lereng Merapi Favorit Mbah Maridjan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Salah satu kuliner unik yang wajib dicoba saat kita berkunjung ke kawasan lereng Gunung Merapi adalah Wedang Gedang.

Minuman tradisional ini, disebut-sebut merupakan minuman yang biasa dinikmati sang Juru Kunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan, saat dirinya masih hidup.

Dari namanya, kita pasti sudah bisa menebak, Wedang Gedang merupakan minuman yang memanfaatkan bahan dasar buah pisang. Selain pisang bahan lain yang juga dipakai pada Wedang Gedang adalah gula aren.

Salah seorang produsen sekaligus penjual Wedang Gedang, Heri Setyawan, warga Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, menyebut untuk membuat wedang gedang sangatlah mudah. Bahan yang harus disiapkan tentu saja adalah pisang.

Salah seorang produsen sekaligus penjual Wedang Gedang, Heri Setyawan, dijumpai Sabtu (13/11/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Biasanya jenis pisang yang dipakai adalah pisang raja. Dipilih pisang raja karena rasanya yang manis, serta teksturnya yang lembut,” ujarnya, Sabtu (13/11/2021).

Sedangkan untuk pemanis, gula aren dipilih karena memiliki cita rasa yang khas. Di mana hal ini bisa menambahkan keunikan dari wedang gedang itu sendiri.

“Pertama sisir pisang kecil-kecil lalu masukkan ke dalam gelas. Setelah itu tambahkan gula aren sesuai selera. Jika sudah tinggal masukkan air mendidih ke dalamnya. Aduk merata, dan wedang gedang pun siap disajikan,” ungkapnya.

Selain memiliki rasa khas yang nikmat, wedang gedang juga dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan, hingga mengobati masalah lambung.

Anda tertarik mencobanya?

Lihat juga...