Yayasan Damandiri Renovasi 10 Masjid dan Musholla di Desa Badegan Ponorogo

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PONOROGO — Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Mandiri Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, melakukan program kegiatan renovasi sejumlah masjid dan mushola di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan, Ponorogo, Jawa Timur pada awal November 2021 ini.

Renovasi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan fasilitas masjid dan musholla guna menambah kenyamanan dan kekhusyukan masyarakat dalam beribadah kepada Tuhan YME. Terlebih selama ini tak sedikit masjid maupun mushola dalam kondisi kurang baik, sehingga perlu diperbaiki.

Manager Umum KUD Jaya Mandiri Sejahtera Badegan, Wahyu Bintoro mengatakan, terdapat 10 unit masjid dan musholla yang direnovasi, khususnya pada bagian toilet dan fasilitas tempat wudhu. Renovasi atau perbaikan ini dilakukan dengan memanfaatkan dana bantuan Yayasan Damandiri yang mencapai Rp33,5 juta.

“10 masjid dan mushola ini tersebar di sebanyak 3 dusun, yakni dua di dusun Badegan, delapan di dusun Nglambong serta satu di dusun Kroyo. Setiap masjid/mushola diberikan bantuan senilai Rp2,5-5juta tergantung kebutuhan serta tingkat renovasi yang dilakukan,” katanya.

Rampung dilaksanakan pada 18 November 2021 lalu, program renovasi masjid dan musholla ini memang difokuskan untuk memperbaiki fasilitas toilet dan tempat wudhu. Di antaranya seperti mengganti kran air yang rusak, menyemen lantai tempat wudhu yang sebelumnya masih berupa tanah, hingga mengganti pintu maupun menplester dinding kamar mandi masjid/mushola.

“Bagaimanapun, fasilitas kamar mandi dan tempat wudhu di mushola/masjid ini sangat penting bagi warga khususnya jamaah masjid,” ungkapnya.

Program renovasi masjid dan musholla yang dijalankan KUD Jaya Mandiri Sejahtera di desa Badegan Ponorogo Jawa Timur belum lama ini. Dok: Jatmika H Kusmargana

Melalui program renovasi masjid dan musholla yang dijalankan Yayasan Damandiri inilah, KUD Jaya Mandiri Sejahtera Badegan berharap fasilitas masjid dan musholla di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan dapat semakin baik. Sehingga mampu memotivasi warga desa untuk lebih giat beribadah.

“Mudah-mudahan dengan adanya renovasi ini, masyarakat dapat lebih nyaman dan khusyuk saat beribadah. Sehingga mampu meningkatkan semangat masyarakat agar lebih giat beribadah,” pungkasnya.

Lihat juga...