Yayasan Damandiri Renovasi Musala di Lereng Gunung Merapi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOYOLALI – Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, melakukan upaya renovasi sejumlah masjid dan musala di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, awal November ini.

Renovasi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan fasilitas masjid dan musala guna menambah kenyamanan dan kekhusyukan masyarakat dalam beribadah kepada Tuhan. Terlebih selama ini tak sedikit masjid maupun musala di Samiran diketahui mengalami kerusakan sehingga perlu diperbaiki.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, mengatakan, sebagian musala yang terletak di Desa Samiran berdiri sejak tahun 2000, dan sudah mengalami beberapa kali perbaikan.

Selama ini musala yang berada di sekitaran Desa Samiran ini sangat dibutuhkan bagi umat Islam yang bertempat tinggal di wilayah sekitar lereng Gunung Merapi.

“Namun saat ini, kondisinya masih belum mencukupi dikarenakan bertambahnya populasi masyarakat di sekitar musala sehingga membutuhkan perbaikan fasilitas sarana prasarana musala,” katanya, Minggu (7/11/2021).

Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Yayasan Damandiri sejak 2017 inilah, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, bersinergi dengan pengurus musala dan koperasi, berupaya untuk melengkapi dan meningkatkan fasilitas musala.

Total terdapat 4 musala serta 1 tempat pendidikan agama Madrasah Diniyah di wilayah Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran yang mendapatkan renovasi atau perbaikan dan pembaruan fasilitas.

Total dana anggaran yang digunakan dalam program ini mencapai Rp24.110.000. Di mana seluruhnya berasal dari bantuan pihak Yayasan Damandiri.

“Mudah-mudahan dengan adanya renovasi ini, masyarakat dapat lebih nyaman dan khusyuk saat beribadah. Sehingga juga akan meningkatkan semangat masyarakat agar lebih giat beribadah kepada Tuhan,” pungkasnya.

Lihat juga...