Ahli Gizi Sarankan Tambah Protein ke dalam Makanan Selingan

JAKARTA — Ketua Indonesia Sport Nutrition Association Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes menyarankan Anda menambahkan protein ke dalam makanan selingan atau di antara dua waktu makan dan ketika menjelang tidur, setiap harinya.

“Dulu, selingan itu untuk memenuhi kebutuhan energi yang belum terpenuhi pada makanan pokok. Sekarang tidak bisa lagi, harus menambahkan protein karena itu protect-nya tubuh kita,” kata dia dalam sebuah webinar kesehatan, ditulis Sabtu.

Rita yang juga pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) itu mengatakan, protein dibutuhkan sel imunitas agar bisa bekerja sesuai tugasnya. Zat gizi yang juga harus ada di dalam makanan utama ini pun bertugas membantu memelihara sel yang sudah terbentuk.

“Jadi sel-sel yang sudah terbentuk lama-lama menua, butuh dikasih protein supaya tetap disintesis, kepadatannya tetap ada, karena protein bahan dasar seluruh hormon dan enzim dalam tubuh. Jadi tidak boleh kekurangan protein,” jelas dia.

Seseorang misalnya membutuhkan enam porsi protein yang bisa didapatkan dari beragam pangan seperti daging, tempe dan olahannya serta susu.