AS Sumbang 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia

JAKARTA — Pemerintah Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin Moderna kepada Indonesia, bagian dari donasi vaksin berkelanjutan melalui kemitraan dengan COVAX, Pemerintah Indonesia, dan UNICEF.

Dosis vaksin yang aman dan efektif ini akan menyelamatkan jiwa dan membantu melindungi masyarakat Indonesia dari COVID-19, kata Kedubes AS di Jakarta dalam keterangan tertulis yang diterima pada Selasa.

Amerika Serikat adalah donor terbesar untuk COVAX, dengan total komitmen empat miliar dolar AS (sekitar Rp57,5 triliun), yang telah membantu Gavi memfasilitasi donasi lebih dari 44,7 juta dosis vaksin kepada Indonesia.

Secara bilateral, sampai saat ini Amerika Serikat telah menyumbangkan 18,4 juta dosis vaksin COVID-19 kepada Indonesia.

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan AS untuk terus memimpin upaya vaksinasi COVID-19 dunia, negara itu menyumbangkan total 1,1 miliar vaksin COVID-19 kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah di seluruh dunia.

Secara global, AS telah mengirimkan 291 juta dosis vaksin COVID-19 dan telah berjanji untuk memberikan 200 juta dosis lagi hingga Maret 2022.

Selain memberikan vaksin, pemerintah AS melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra lainnya untuk memperkuat program vaksinasi di Indonesia dengan mendukung penambahan lokasi vaksinasi, pelatihan tenaga kesehatan untuk memberikan vaksin dan melawan misinformasi tentang vaksin.

Lihat juga...