Banjir di Ranah Batahan Pasaman Barat, Surut

SIMPANG EMPAT – Banjir di Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, sudah surut dan warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah untuk membersihkan material bekas banjir, Minggu.

“Hingga Minggu siang ini air yang mengenai rumah warga telah surut. Saat ini tim gabungan membantu masyarakat membersihkan material banjir,” kata Camat Ranah Batahan, Syawirman, di Pasaman Barat, Minggu (19/12/201).

Menurutnya, banjir yang melanda Kecamatan Ranah Batahan itu disebabkan meluapnya dua sungai di daerah itu yakni Sungai Sungai Batang Batahan dan Sungai Taming pada Sabtu (18/12).

Dampak yang ditimbulkan sekitar 255 rumah warga terendam banjir dan delapan rumah ambruk dan rusak berat.

“Bagi warga yang rumahnya ambruk, saat ini masih bertahan di rumah sanak familinya menunggu bantuan dan perbaikan rumah,” katanya.

Meskipun air sudah surut, katanya pihaknya mengimbau kepada warga agar tetap waspada dengan banjir susulan karena cuaca masih ekstrem dan masih gerimis.

“Tetap waspada dan berdoa agar tidak ada banjir susulan. Mudah-mudahan air sungai tidak naik lagi,” harapnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, mengatakan ia bersama jajarannya telah meninjau langsung daerah yang terdampak banjir.

Menurutnya, daerah yang terdampak banjir di Kecamatan Ranah Bataha ada tiga kejorongan yakni Jorong Air Napal, Jorong Taming Batahan dan Jorong Kampung Baru.

Pihaknya akan segera memberikan bantuan, khususnya makanan dan sembako, serta bantuan lainnya karena hal ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Sesuai laporan yang kita terima mengenai bencana banjir memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat. Kita akan segera memberikan bantuan serta mencarikan jalan keluar bagi masyarakat yang terdampak banjir,” sebutnya.

Lihat juga...