Banjir Genangi Ratusan Rumah Warga Lombok Tengah

PRAYA – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mengakibatkan ratusan rumah warga di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, tergenang banjir dengan ketinggian air bervariasi sekitar 50-60 sentimeter.

“Kondisi pagi ini air telah surut dan akses jalan sudah bisa dilewati,” kata Kapolsek Kuta, Iptu I Made Dimas di Praya, Selasa (7/12/2021).

Ia mengatakan, banjir yang melanda rumah warga itu dampak dari cuaca ekstrem dan saluran irigasi yang tersumbat akibat tumpukan sampah, sehingga airnya meluap dan masuk ke rumah warga.

Polsek Kuta bersama petugas lainnya langsung turun membantu warga dan membersihkan sampah yang menutupi aliran saluran irigasi di desa setempat.

“Kondisi pagi ini air mulai surut,” katanya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Lombok Tengah, Lalu Herdan, mengatakan personel tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung bergerak bersama Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, mengecek lokasi banjir tadi malam.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Lombok Tengah, ratusan rumah warga terendam banjir, sehingga warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. “Tadi malam petugas langsung turun untuk membantu warga,” katanya. (Ant)

Lihat juga...