Bantu Korban Erupsi Semeru, Titiek Soeharto Ulangi Langkah Pak Harto 45 Tahun Silam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LUMAJANG — Desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, yang menjadi titik kunjungan sekaligus penyaluran bantuan sembako Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) dan Yayasan Damandiri, bagi korban erupsi gunung Semeru, ternyata menyimpan jejak sejarah terkait Presiden ke-2 RI HM Soeharto.

Menurut Koordinator Posko setempat di Dusun Kranjan Desa Sumberwuluh Kec Candipuro Lumajang, Ahmad Albaiti, pada tahun 1975 silam, Presiden ke-2 RI HM Soeharto, pernah datang ke desa ini. Tepatnya, saat bencana erupsi gunung Semeru terjadi, hingga mengakibatkan banjir bandang yang meluluh-lantakkan Dusun Kebondeli.

“Tahun 1975 silam, saat gunung Semeru erupsi, dusun Kebondeli Sumberwuluh, diterjang banjir bandang material lahar dingin. Saat itu banyak korban jiwa berjatuhan. Sehingga Pak Harto, yang kala itu menjabat Presiden RI langsung datang berkunjung untuk melihat kondisi warga dan menyalurkan bantuan,” ungkapnya.

Menurut Ahmad, kedatangan Titiek Soeharto, seolah mengulang, apa yang telah dilakukan Pak Harto 45 tahun silam, yakni untuk menemui dan menyampaikan rasa duka citanya secara langsung pada para korban. Sekaligus juga membantu para korban, baik itu berupa dukungan moril maupun bantuan material kebutuhan korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Salah seorang warga, Bukhari (80) asal Sumberwuluh, mengaku masih ingat betul kedatangan Pak Harto di desanya kala itu. Ia mengatakan pak Harto sempat berjalan kaki menuju lokasi bencana banjir lahar dingin, untuk menemui para warga yang menjadi korban terdampak.

“Waktu itu saya dan teman-teman sebaya bahkan sempat bersalaman dengan Pak Harto, saat itu saya masih kelas 2 SD,” ujar warga lainnya Slamet (60) asal dusun Kranjan.

Karena itu lah, menurut Bukhari dan Slamet, kedatangan Ibu Titiek Soeharto menemui korban becana erupsi gunung Semeru di desa Sumberwuluh pada Kamis hari ini, seolah menjadi bukti bagaimana tingginya kepedulian keluarga Cendana terhadap masyarakat kecil, khususnya mereka yang sedang mengalami musibah berupa bencana alam.

“Tentu kita senang sekali karena bu Titiek yang merupakan putri Pak Harto bisa datang ke desa ini, ya mengulangi apa yang dulu dilakukan bapak beliau. Membantu warga yang sedang terkena musibah bencana,” katanya.

Sebagaimana diketahui Keluarga besar Presiden ke-2 RI, HM Soeharto bersama Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menyalurkan bantuan 2.000 paket sembako serta keperluan fasilitas air bersih bagi para korban bencana erupsi gunung Semeru, kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021) hari ini.

Siti Hediati Soeharto (Titiek Soeharto) saat menemui langsung serta memberikan bantuan pada warga korban erupsi gunung Semeru di dusun Kebondeli Sumberwuluh, Candipuro Lumajang, Kamis (23/12/2021). Foto: Jatmika H Kusmargana

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Titiek Soeharto dan Retna Sari Widowati (Eno Sigit) kepada pengungsi di dua titik posko korban bencana erupsi gunung Semeru, kecamatan Candipuro Lumajang.

1.000 paket sembako disalurkan kepada para korban erupsi gunung Semeru melalui Posko di Dusun Kranjan Desa Sumberwuluh Kec. Candipuro Lumajang. Sementara sebanyak 1000 paket sembako lainnya rencananya akan diserahkan melalui Posko Puslab NU Dusun Karang Bendo Kec. Candipuro Lumajang.

Selain bantuan sembako, Yayasan Damandiri yang merupakan Yayasan bentukan Presiden ke-2 RI HM Soeharto, juga menyalurkan bantuan berupa fasilitas keperluan air bersih, mulai dari tandon air, mesin air, pipa. Sejumlah bantuan ini diharapkan dapat membantu dan meringankan beban para korban erupsi gunung Semeru di kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Lihat juga...