Bantuan Satu Ton Rendang Dikirim untuk Korban Letusan Semeru

PADANG — Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang mengirimkan bantuan berupa satu ton rendang berasal dari Koperasi Ikatan Ahli Boga (IKABOGA) Padang dan Ketua LKAAM Sumbar untuk korban letusan Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Cabang ACT Padang Aan Saputra di Padang, Senin mengatakan teknis pengiriman bantuan tersebut hingga sampai ke lokasi pengungsian, yakni menggunakan pesawat Hercules menuju bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta yang dilanjutkan menuju Malang Jawa Timur.

Tim Aksi Cepat Tanggap Cabang Malang bersama PT PNM Malang sudah siap menyambut di lokasi dan telah didistribusikan oleh tim Relawan MRI-ACT Malang.

“Bantuan sebanyak satu ton rendang tersebut telah kami kirimkan untuk korban letusan Semeru ke Lumajang pada Kamis (23/12). Alhamdulillah sampai saat ini bantuan terus berdatangan dari para dermawan di Padang,” kata dia.

Ia juga mengatakan letusan besar Gunung Semeru yang terjadi pada beberapa waktu lalu tidak hanya memakan korban jiwa, tapi juga ribuan orang yang hingga kini masih mengungsi karena rumah mereka berada di zona merah serta mengalami kerusakan.

“Di balik bencana tersebut, ternyata membawa perhatian dan kepedulian dari berbagai pihak di penjuru negeri,” ujar dia.

Selain itu, berangkat dari kondisi ini gerakan Minangkabau Peduli yang di gagas Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar bersama Koperasi IKABOGA Padang berikhtiar mengajak masyarakat untuk menghimpun donasi rendang guna membantu korban erupsi Semeru di tempat pengungsian.

Gerakan Minangkabau peduli juga menggandeng beberapa pihak, yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Padang, Sebagai Mitra Penyaluran Donasi, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang menyumbang 1000 paket rendang.

Lihat juga...