BPBD : Banjir Rob Kapuas Akibat Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Kalteng

KUALA KAPUAS — Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan air pasang atau rob yang terjadi di daerahnya pada Ahad (5/12) malam, karena gelombang tinggi di perairan selatan wilayah Kalimantan Tengah.

“Kita informasikan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, adanya prospek tinggi gelombang perairan selatan Kalteng, mulai 0,5 hingga 3 meter,” kata Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Senin.

Selain itu, adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi hingga sedang, disertai dengan kilat dan angin kencang, sehingga dapat berpotensi banjir, banjir bandang, air pasang, gelombang tinggi, longsor dan pohon tumbang.

Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat di kabupaten setempat untuk selalu tetap waspada adanya potensi terjadi kembali air pasang atau rob di daerah setempat.

“Jadi perlu diwaspadai, ada pertumbuhan awan cumulonimbus, di mana dapat membuat angin kencang dan tingginya gelombang. Untuk itu diimbau masyarakat berhati-hati dan waspada ketika aktivitas di laut tanggal 6-12 Desember 2021,” katanya.

Lihat juga...