Dorong Pengembangan Diri, UCY Bangun Gedung UKM Bagi Mahasiswa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Sebagai wadah pengembangan mahasiswa dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan tatap muka, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di sebuah universitas dinilai sangat penting dan dibutuhkan untuk pengembangan diri/karakter setiap lulusan.

Pembentukan karakter diri ini lah yang tak jarang menjadi salah satu faktor yang dapat menjadi penentu keberhasilan seorang mahasiswa ketika lulus dari bangku kuliah. Karena itulah setiap kampus wajib mendorong sekaligus mendukung pengembangan UKM bagi mahasiswa yang meliputi berbagai macam minat dan hobi.

Hal itulah yang coba dilakukan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY). Guna mendukung sekaligus memenuhi kebutuhan pembentukan diri para mahasiswanya, kampus yang terletak di Jogja bagian selatan ini membangun gedung UKM bagi para siswanya.

Gedung representatif ini diharapkan mampu membentuk karakter mahasiswa sekaligus menjadi nilai tambah mahasiswa setelah mereka lulus.

“Pembangunan gedung UKM ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2019 lalu. Namun karena sejumlah kendala, termasuk pandemi Covid-19, pembangunan gedung akhirnya baru bisa dimulai tahun 2021 ini,” ujar Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Cokroaminoto Yogyakarta (YPTICY) Ir Mohamad Ismet, Kamis (02/12/2021).

Bertempat di kompleks kampus setempat, pembangunan gedung UKM ini secara resmi ditandai dengan proses peletakan batu pertama dilakukan oleh sejumlah petinggi (YPTICY) maupun petinggi kampus UCY. Gedung ini rencananya akan diperuntukkan bagi sebanyak 10 UKM yang ada di UCY. Terdiri dari 11 ruangan serta 2 kamar mandi.

“Selama ini, sejumlah UKM di UCY belum memiliki gedung sekretariat khusus. Karena itu lah gedung ini dibangun untuk menyediakan tempat representatif bagi mahasiswa. Diharapkan dengan adanya fasilitas gedung ini akan muncul hal produktif dan kontruktif, yang mampu berkontribusi bagi pengembangan universitas,” katanya.

Menurut Ismen, keikutsertaan mahasiswa lewat UKM yang dimiliki dinilai sangat diperlukan demi kemajuan kampus, termasuk diantaranya sebagai persyaratan akreditasi. Karena itu menurutnya setiap program UKM harus bisa selaras dan sejalan dengan program universitas.

“Tantangan dunia pendidikan saat ini sangat besar. Karena itu UCY harus punya pangsa pasar yang jelas. Tidak hanya sekedar menjadi follower saja, namun harus jadi market leader. Sehingga bisa menjadi universitas yang sebaik-baiknya,” katanya.

Lihat juga...