Dr Gabriel : Pembangunan Infrastruktur Jokowi di Papua Masih Sisakan PR

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Ketua Gugus Tugas Papua Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Gabriel Lele, menyebutkan, berbagai program pembangunan infrastruktur yang dijalankan pemerintahan era Presiden Joko Widodo selama ini memang telah banyak dirasakan manfaatnya secara nyata oleh masyarakat Papua.

Meski begitu, ia menilai pembangunan infrastruktur seperti jalan trans Papua, bandara, hingga pelabuhan itu dianggap masih belum mampu menyelesaikan persoalan paling mendasar yang ada di Papua. Hal itu terbukti dengan masih adanya resistensi masyarakat Papua terhadap NKRI.

“Pembangunan selama ini ternyata belum mampu selesaikan masalah konflik Papua. Sehingga PR nya saat ini adalah bagaimana pembangunan itu mestinya bisa menjadi penyelesaian konflik di Papua. Mestinya pembangunan itu bisa mengerem keinginan sekelompok orang untuk merdeka dari Indonesia,” katanya, Rabu (15/12/2021).

Gabriel mengakui sebenarnya banyak capaian yang telah diraih, mulai dari melakukan Revisi UU Otsus Papua, meningkatkan keterwakilan masyarakat asli Papua tanpa pemilu, hingga memberikan kuota 30 persen bagi perempuan Papua.

“Sayangnya sejumlah transformasi dan inisiatif pemerintah pusat ini kerap tenggelam, misalnya dengan adanya konflik bersenjata. Ini sebenarnya soal saling percaya. Selama ini kepercayaan itu belum ada,” katanya.

Atas dasar itu, Gabriel menilai salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan membuat ruang bersama. Yakni antara pemerintah pusat, daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama. Ruang ini secara prosedural harus didesain, sehingga mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah Papua secara tuntas

“Selain itu pemerintah juga perlu menyelesaikan masalah masa lalu. Kasus-sasus pelanggan HAM disana. Karena salah satu PR terbesarnya adalah bagaimana pemerintah pusat saat ini mampu menjangkau masyarakat Papua yang masih punya dendam masa lalu. Itu bisa dilakukan melalui rekonsiliasi,” katanya.

Lihat juga...