Dua Musala di Desa Bantaragung-Majalengka Kini Lebih Bersih

Editor: Koko Triarko

MAJALENGKA – Pemandangan berbeda tampak terlihat di Musholla Al Barokah, yang terletak di Blok Cibaduyut, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Bantaragung, Sindangwangi Majalengka, Jawa Barat. 

Sebuah kamar mandi tampak baru saja selesai dibangun, tak jauh dari lokasi musala. Fasilitas berupa tempat wudhu di musala ini juga terlihat jauh lebih indah, rapi dan tertata.

Selain lantai dan dindingnya telah dikeramik, sejumlah keran air yang sebelumnya rusak juga tampak diperbaharui, sehingga dapat berfungsi normal seperti sedia kala.

Hal tersebut bisa terjadi, karena adanya program renovasi rumah ibadah berupa masjid dan musala yang dijalankan Yayasan Damandiri melalui Koperasi Cipta Agung Mandiri Bantaragung, pada bulan November 2021 lalu.

“Kita mendapatkan bantuan dana mencapai Rp2.680.000 dari Koperasi Cipta Agung Mandiri. Dana tersebut kemudian digunakan untuk merenovasi musala. Antara lain, untuk membangunan kamar mandi dari nol, hingga memperbaiki tempat wudhu. Seperti memasang keran air, memperbaiki saluran air, serta memasang keramik pada dinding dan lantai. Alhamdulillah, sekarang jadi bagus,” ujar pengelola Musala Al Barokah,Tatang.

Hal serupa juga terjadi pada Musala Nurul lman di Blok Babakan, Bantaragung. Berkat program sosial dari Yayasan Damandiri, musala yang sebelumnya tidak memiliki WC ini kini telah memiliki fasilitas WC baru yang memadai. Selain memiliki closet untuk buang air besar, kamar mandi baru ini juga tampak bersih, karena seluruhnya telah dikeramik.

“Memanfaatkan dana bantuan sebesar Rp2.870.000 dari Koperasi Cipta Agung Mandiri, kita juga bisa melakukan perbaikan tempat wudhu. Baik itu melakukan penggantian dan penambahan keran air, hingga memperbaiki saluran air yang rusak. Terima kasih banyak pada koperasi dan Yayasan Damandiri yang telah membantu,” ungkap pengurus Musala Nurul Iman, Karmadi.

Yayasan Damandiri melalui Koperasi Cipta Agung Mandiri, menjalankan program Bantuan Sosial Perbaikan Tempat Wudhu dan WC Masjid dan Musala di Desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat, sekitar bulan November 2021.

Program ini dijalankan sebagai upaya meningkatkan fasilitas masjid dan musala, guna menambah kenyamanan dan kekhusyukan masyarakat dalam beribadah kepada Tuhan YME.

Terlebih, selama ini tak sedikit musala di desa Bantaragung dalam kondisi kurang memadai, sehingga perlu direnovasi.

Total terdapat 10 unit musala yang direnovasi, khususnya pada bagian toilet dan fasilitas tempat wudhu. Renovasi atau perbaikan ini dilakukan dengan memanfaatkan dana bantuan Yayasan Damandiri total sebesar Rp27.657.000.

Program bantuan sosial renovasi rumah ibadah ini, merupakan bagian dari program pemberdayaan yang dijalankan Yayasan Damandiri di Desa Bantaragung sejak 2019. Melalui program ini, yayasan yang didirikan oleh HM Soeharto ini aktif melakukan pemberdayaan masyarakat, baik itu di sektor ekonomi, lingkungan, kesehatan hingga pendidikan.

Khusus di DCML Bantaragung, upaya pemberdayaan difokuskan dengan memaksimalkan potensi desa di sektor pariwisata. Mulai dari memberikan akses permodalan bagi warga kurang mampu melalui unit Modal Kita, mendorong pengembangan homestay, hingga membangun objek wisata modern baru bernama “Binuang Integral Park”.

Lihat juga...