Empat Musala dan Satu Masjid di Desa Trirenggo Terima Program Renovasi

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Satu masjid dan tiga musala di Desa Trirenggo, Bantul, menerima program renovasi rumah ibadah dari Yayasan Damandiri.  Sejumlah masjid dan musala tersebut, yakni Masjid Miftakhul Huda dan Musala Nur Iman di dusun Cepoko, Musala Al Mukti di dusun Karangmojo, dan Musala Al Ikhlas di dusun Bakulan.

Keempat masjid dan musala tersebut tercatat menerima bantuan renovasi toilet dan tempat wudhu secara menyeluruh, dengan total anggaran mencapai Rp13.213.500.

Manajer Umum KUD Gemah Ripah, yang merupakan pelaksana program Desa Cerdas Mandiri Lestari di Trirenggo, H Ambyah, mengatakan keempat masjid dan musala tersebut dipilih sebagai penerima program bantuan renovasi karena dianggap paling layak.

Selain sejumlah musala dan masjid tersebut diketahui belum memiliki WC atau toilet, sebagian di antaranya juga diketahui memiliki kondisi yang masih jauh dari standar. Mulai dari tidak memiliki pintu kamar mandi, hingga masih berlantai tanah.

Manajer Umum KUD Gemah Ripah Desa Trirenggo, Bantul,Yogyakarta, H Ambyah. –Foto: Jatmika H Kusmargana

“Selain tidak memiliki WC atau jamban, sejumlah tempat wudhu musala juga masih berlantai tanah. Karena itu, kita pilih agar mendapatkan bantuan renovasi,” ungkapnya.

Menurut Ambyah, dengan adanya renovasi tersebut, diharapkan kondisi toilet dan tempat wudhu sejumlah masjid dan musala di Trirenggo bisa makin baik dan lebih nyaman digunakan warga untuk beribadah.

“Saya mewakili warga desa, khususnya jemaah masjid dan musala mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Damandiri. Karena berkat bantuannya, kini warga merasa lebih nyaman dalam beribadah. Apalagi, sahnya salat diawali dari adanya prasarana tempat wudhu dan WC yang bersih dan suci,” ungkapnya.

Desa Trirenggo di kabupaten  Bantul, merupakan desa binaan Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari sejak 2017. Melalui program tersebut, Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Di samping mendirikan KUD Gemah Ripah sebagai induk atau wadah seluruh kegiatan pemberdayaan, Yayasan Damandiri juga mendirikan unit usaha Modal Kita serta unit usaha Warung Kita di desa Trirenggo. Termasuk juga menjalankan berbagai program kegiatan seperti pelatihan maupun pendampingan, demi meningkatkan kualitas SDM desa.

Lihat juga...