Entaskan Kemiskinan Ekstrem, KKP Siapkan Kampung Nelayan Maju

“Seluruh lembaga akan kolaborasi. Dari sisi kami ada bantuan kapal, alat tangkap, mesin, dan pelatihan, serta penyaluran dana bergulir untuk modal usaha,” ungkap Menteri Trenggono.

Melalui Program Kampung Nelayan Maju dan Kampung Perikanan Budidaya, KKP menargetkan peningkatan Nilai Tukar Nelayan dan Nilai Tukar Pembudidaya Ikan menjadi lebih dari 150.

Di samping itu, ujar dia, juga terjadi peningkatan kualitas lingkungan, menjaga komoditas bernilai ekonomi dari kepunahan, terciptanya perlindungan sosial, hingga meningkatnya kapasitas SDM.

Lebih lanjut Menteri Trenggono memaparkan untuk Kampung Perikanan Budidaya ada tiga kategori yakni Kampung Perikanan Budidaya Pedalaman untuk komoditas air tawar, Kampung Perikanan Budidaya Pesisir untuk komoditas payau seperti bandeng dan nila salin, serta Kampung Perikanan Budidaya Laut untuk komoditas kerapu, kakap, bawal bintang, teripang, hingga kuda laut.

Sebelumnya Menteri Trenggono menyebutkan berbagai jaminan sosial harus diberikan kepada masyarakat kelautan dan perikanan, termasuk jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, kematian, hari tua, dan kehilangan pekerjaan yang telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Kelautan dan Perikanan. [Ant]

Lihat juga...