Hujan Lebat Diprakirakan Guyur Kaltim pada Kamis-Jumat

BALIKPAPAN — Sejumlah kawasan di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan terjadi hujan lebat dan hujan petir pada Kamis-Jumat(2-3/12), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampak yang kemungkinan terjadi seperti banjir, tanah longsor, maupun pohon tumbang.

“Hasil prakiraan ini sudah disampaikan ke BPBD di kabupaten/kota untuk dilakukan langkah kewaspadaan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu.

Kawasan di Provinsi Kaltim yang diprakirakan hujan lebat disertai angin adalah di Kabupaten Kutai Timur, yakni di Kecamatan Muara Ancalong yang akan terjadi pada Kamis pukul 20.00 Wita.

Kemudian di Kecamatan Kongbeng masih pukul 20.00 terjadi hujan deras disertai petir. Suhu di kisaran 22-30 derajat Celsius dengan kecepatan angin sekitar 10 km per jam, dan kelembaban udara 65-100 persen.

Masih di Kabupaten Kutai Timur, pada Kamis pukul 23.00 diprakirakan terjadi hujan lebat di tujuh kecamatan, yakni Kaliorang, Bengalon, Kaubun, Kongbeng, Rantau Pulung, Sangatta Utara, dan Kecamatan Sangatta Selatan.

Di Kecamatan Teluk Pandan di jam yang sama diprakirakan terjadi hujan petir dengan kecepatan angin sekitar 10 km per jam, suhu berkisar 24-28 derajat Celsius, kelembapan udara pada kisaran 80-100 persen.

Untuk Kabupaten Kutai Barat, lanjutnya, pukul 20.00 diprakirakan hujan lebat dan hujan petir terjadi di Kecamatan Sendawar, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan dan Tering.

Pukul 23.00 hujan petir dan hujan lebat terjadi di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Penyinggahan, Siluq Ngurai, dan Kecamatan Tering.

Selanjutnya Jumat dini hari atau pukul 02.00, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bentian Besar, Damai, dan Siluq Ngurai. Suhu berkisar 23-31 derajat Celsius, kecepatan angin sekitar 10 km per jam, kelembapan udara antara 65-100 persen.

“Kabupaten/kota lainnya yang juga diprakirakan hujan lebat dan hujan petir dalam dua hari ke depan, yakni sejumlah kecamatan di Kutai Kartanegara, Berau, Paser, Mahakam Ulu, dan Balikpapan,” kata Diyan. [Ant]

Lihat juga...