IHSG pada Selasa Diprediksi Menguat Seiring Fenomena “Santa Clause Rally”

JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa diprediksi menguat seiring fenomena Santa Clause Rally.

IHSG pagi ini dibuka menguat 12,69 poin atau 0,19 persen ke posisi 6.588,13. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 3,21 poin atau 0,34 persen ke posisi 936,7.

“Indeks saham di Asia pagi ini Selasa dibuka naik setelah indeks saham utama di Wall Street semalam ditutup naik karena investor mengharapkan adanya fenomena Santa Clause Rally,” tulis Tim Riset Phillip Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Selasa.

Santa Clause Rally adalah kenaikan indeks saham dalam lima hari perdagangan terakhir tahun ini ditambah dua hari pertama perdagangan pada tahun yang baru.

Indeks S&P 500 mencatatkan rekor penutupan tertinggi terbaru yang merupakan pemecahan rekor yang ke-69 kalinya untuk tahun ini.

Kenaikan indeks juga didorong oleh optimisme bahwa pemulihan ekonomi global dapat bertahan menghadapi risiko dari pandemi COVID-19 dan pengetatan kebijakan moneter.

Lihat juga...