Jumlah Penumpang di Terminal Kalideres Mulai Meningkat

JAKARTA – Jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi di Terminal Kalideres mulai meningkat menjelang libur natal dan tahun baru 2022. Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, mengatakan peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi sejak Minggu (19/12).

“Selama masa pandemi, rata-rata jumlah penumpang 100 orang per hari. Sejak Minggu  (19/12) terjadi peningkatan 150 orang per hari,” kata Revi saat dikonfirmasi di Terminal Kalideres, Selasa (21/12/2021).

Peningkatan diperkirakan akan terus terjadi hingga Rabu (22/12)  mendatang. Hal tersebut karena perjalanan dari terminal menuju kota tujuan memakan waktu dua hari.

“Dari Jakarta ke daerah itu membutuhkan waktu dua hari. Jadi kemungkinan prediksi saya paling cepat itu tanggal 22, sehingga tiba tanggal 23 Desember nanti,” jelas dia.

Lebih lanjut, Revi juga mengatakan ada perubahan tren tujuan saat akhir tahun 2021 ini. Saat ini, perjalanan paling banyak menuju Padang, Jawa Tengah, Lampung, dan Jawa Barat.

“Dulu tujuan favorit adalah Jateng dan Lampung. Tapi setelah ada masa pandemi, tujuan favorit beralih ke Padang,” kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Revi pun sudah melakukan beberapa persiapan, salah satunya menyiapkan tiga jenis pos di lokasi terminal.

Tiga jenis pos itu terdiri dari posko keamanan , posko kesehatan dan “ramp check” untuk memeriksa kondisi mesin bus. Itu tugasnya memeriksa kelayakan jalan bus yang akan berangkat supaya dipastikan bus yang berangkat layak jalan, sehingga penumpang itu bisa selamat sampai tujuan,” kata Revi.

Dengan kesiapan ini, Revi memastikan pihaknya sudah siap menerima lonjakan penumpang selama libur natal dan tahun baru. Sejauh ini, Revi mengatakan ada 130 perusahaan otobus (PO) yang aktif di terminal Kalideres.

Bus-bus tersebut beroperasi dengan tujuan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Padang, Bengkulu, Jambi, Pekan Baru, Medan, Aceh. (Ant)

Lihat juga...