Keluarga Cendana-Yayasan Damandiri Salurkan Sembako untuk Korban Erupsi Melalui Lima Dapur Umum

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LUMAJANG — Bantuan sembako keluarga Cendana serta Yayasan Damandiri, yang disalurkan secara langsung oleh putri Presiden ke-2 RI HM Soeharto, Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto), akan dimanfaatkan untuk membantu sekitar 3.800 pengungsi desa Candipuro, Lumajang, Jawa Timur yang tersebar di 2.100 titik pengungsian di berbagai lokasi.

Koordinator Posko NU Peduli Lumajang, Abdul Majid Ridwan. Foto: Jatmika H Kusmargana

Tak hanya itu, bantuan sembako tersebut juga akan dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan makanan bagi tiga dapur umum di kecamatan Candipuro, serta dua dapur dapur umum di kecamatan Pronojiwo, Lumajang yang merupakan wilayah paling parah terdamak erupsi gunung Semeru.

Koordinator Posko NU Peduli Lumajang, Abdul Majid Ridwan mengatakan, lewat dapur umum tersebut, pihaknya rutin menyuplai makanan bagi relawan maupun warga korban terdampak erupsi gunung Semeru yang setiap hari masih bolak-balik dari lokasi pengungsian ke rumah asal desa mereka, yang telah dikosongkan karena tak bisa ditinggali.

Bersama para relawan dan aparat, saat malam hari, sejumlah warga biasanya masih kembali ke desa mereka untuk menjaga keamanan wilayah, sekaligus juga untuk memantau perkembangan potensi bencana susulan berupa luncuran material lahar dingin, yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Tak hanya itu, posko ini juga rutin menyalurkan paket sembako untuk memasok kebutuhan sehari-hari bagi para pengungsi mandiri yang tersebar di berbagai lokasi. Pasalnya tak sedikit warga korban erupsi gunung Semeru, mengungsikan diri dan keluarga di rumah-rumah pribadi milik saudara atau kerabatnya yang berada di zona aman.

“Dengan bantuan dari ibu Titiek Soeharto serta Yayasan Damandiri ini, persediaan stok sembako kita saat ini sudah sangat mencukupi. Perkiraan kita bisa cukup untuk jangka waktu hingga satu bulan ke depan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui Keluarga besar Presiden ke-2 RI, HM Soeharto bersama Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menyalurkan bantuan 2.000 paket sembako serta fasilitas keperluan air bersih bagi para korban bencana erupsi gunung Semeru, kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021) kemarin.

Bantuan ini secara langsung diserahkan oleh Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) dan Retno Sari Widowati (Eno Sigit) kepada pengungsi di dua titik posko korban bencana erupsi gunung Semeru, kecamatan Candipuro Lumajang.

Sebanyak 1.000 paket sembako disalurkan kepada para korban erupsi gunung Semeru melalui Posko dusun Kranjan Desa Sumberwuluh. Sementara sebanyak 1.000 paket sembako lainnya diserahkan melalui Posko Puslab NU Dusun Karang Bendo.

Selain bantuan sembako, Yayasan Damandiri yang merupakan Yayasan bentukan Presiden ke-2 RI HM Soeharto, juga menyalurkan bantuan berupa fasilitas keperluan air bersih, mulai dari tandon air, mesin air, pipa. Sejumlah bantuan ini didatangkan langsung dari Dalem Kalitan Solo, oleh para relawan NU Ponorogo yang dimotori Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera Badegan, sebagai koperasi binaan Yayasan Damandiri.

Lihat juga...