Lampung Ekspor Perdana Buah Manggis, Rambutan dan Durian

BANDAR LAMPUNG – Balai Karantina Pertanian Lampung melakukan ekspor perdana tiga komoditas hortikultura, yakni, buah manggis, durian dan rambutan yang berasal dari Kabupaten Tanggamus, dengan total berat 3,8 ton.

“Ekspor perdana tiga komoditas langsung dari Lampung ini bernilai Rp228 juta,” kata Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh.Jumadh, saat acara gebyar ekspor komoditas pertanian serentak di 34 pintu ekspor di Indonesia di Pelabuhan Panjang, di Bandar Lampung, Jumat (31/12/2021).

Ia menyebutkan, bahwa ekspor komoditas hortikultura ini merupakan yang pertama kali melalui Lampung, karena sebelumnya aktivitas ekspor manngis, rambutan dan durian ini selalu lewat daerah lain seperti Jakarta dan Denpasar.

Menurut dia, keberhasilan untuk dapat ekspor langsung ini tentu tidak mudah, dan merupakan upaya bersama antara Karantina Pertanian Lampung bersama Pemerintah daerah.

“Kerja sama semua pihak ini dalam upaya mendorong ekspor komoditas pertanian unggulan daerah, sesuai implementasi dari Kepmentan Nomor 42 tahun 2020 Tentang Badan Karantina Pertanian Sebagai Task Force Gratieks,” kata dia.

Ia pun mengatakan, bahwa dalam rangka mendukung ekspor komoditas pertanian, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya seperti memberikan bimbingan teknis ekspor yang meliputi persyaratan teknis, registrasi kebun dan registrasi packing house.

“Dalam hal ekspor manggis tujuan Denmark, penggun jasa yang dipilih telah memiliki Packing House di Kabupaten Tanggamus, Lampung artinya kelengkapan persyaratan administrasi sudah memenuhi syarat untuk ekspor buah,” ujarnya.

Ia optimis, bahwa ekspor buah ini dapat diterima oleh pasar global, sehingga pihaknya berkomitmen untuk memastikan ketentuan Sanitary and Phytosanitary Measures (SPS) agar produk yang dikirim diterima oleh negara tujuan dan tidak mengalami penolakan.

“Kita sangat optimis dengan ekspor buah ini, sebagai contoh luas lahan manggis saja di Kabupaten Tanggamus yang mencapai 79.854 hektare dan produksinya hingga 35.811 ton, manggis ini akan terus melaju di pasar dunia,” kata dia.

Dalam even gebyar ekspor yang dilakukan serentak di 34 pintu ekspor, 41 jenis komoditas Lampung diekspor ke 63 negara tujuan dengan beban total sebanyak 85,04 ton atau senilai Rp674,4 miliar. (Ant)

Lihat juga...