Lumajang Dorong Pelestarian Tari Topeng Kaliwungu

LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mendorong pelestarian tari topeng Kaliwungu dengan berbagai cara, karena merupakan kesenian dan kebudayaan khas kabupaten setempat yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, mengunjungi Kepala Dusun Karangrejo, Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, Tirto, cucu dari pencipta tari topeng Kaliwungu (Mbah Nemo).

“Tari Topeng Kaliwungu sudah menjadi seni tari yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang, sehingga menjadi kekayaan karya daerah yang harus terus dilestarikan,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Lumajang, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, kesenian tari tersebut telah menjadi warisan budaya tak benda, setelah ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Agar bisa memperkenalkan kesenian tari asli Lumajang lebih luas lagi, kami berkeinginan kepada pihak Pemerintah Desa Kaliwungu untuk ikut mendukung dan membantu warga sekitarnya dalam menggelorakan tarian tersebut,” tuturnya.

Pemkab Lumajang, lanjut dia, berencana mengadakan kegiatan kolosal Tari Topeng Kaliwungu pada 2022, untuk melestarikan kesenian tradisional itu.

Lihat juga...