Makam Ulama Nusantara Jadi Warisan Budaya Nasional Afsel

JAKARTA – Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan (South African Heritage Resources Agency) menetapkan makam ulama nusantara, Sayed Abdul Malik, sebagai warisan budaya nasional. Deklarasi penetapan makam ulama nusantara Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional itu dihadiri oleh KJRI Cape Town pada Jumat (3/12/2021).

Dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional, maka bangunannya akan dijaga dan dipelihara oleh negara, yaitu oleh Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan, berdasarkan keterangan dari KJRI Cape Town yang diterima di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Berdasarkan catatan Muslim directory, Sayed Abdul Malik berasal dari Indonesia yang tiba di Cape Town menjelang akhir abad ke-18. Sayed Abdull Malik menjadi orang kepercayaan Tuan Guru yang juga seorang ulama nusantara asal Tidore, yang pertama kali membangun masjid di Afrika Selatan.

Cape Mazaars Society sebagai penggagas ditetapkannya makam Sayed Abdul Malik sebagai bagian warisan budaya nasional Afrika Selatan, mengungkapkan bahwa hal ini merupakan proses panjang yang dimulai dari 1980-an.

Lihat juga...