Menkeu Australia Tepis Kekhawatiran Omicron, Serukan Pelonggaran

Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg saat berbicara dalam konferensi pers di Melbourne, Australia, Jumat (28/9/2018). -Ant/Reuters

CANBERRA – Australia harus melonggarkan pembatasan Covid-19 untuk meningkatkan pemulihan ekonominya, kata Menteri Keuangan Josh Frydenberg, meskipun infeksi harian naik ke level tertinggi dalam enam minggu.

“Negara harus tetap tenang dan berjalan. Dan, tidak bereaksi berlebihan terhadap varian Omicron,” kata Frydenberg kepada wartawan di Melbourne, Sabtu (11/12/2021).

Australia adalah salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, dengan hampir 90 persen orang berusia di atas 16 tahun telah divaksin sepenuhnya.

Namun, Australia menemukan 1.753 kasus Covid-19 dalam 24 jam terakhir, atau naik sekitar 3 persen dalam seminggu terakhir dan menjadi total kasus harian tertinggi sejak 29 Oktober.

Frydenberg mengatakan, para pemimpin negara bagian dan teritori harus melonggarkan pembatasan yang diterapkan untuk memperlambat penyebaran virus, dan menekankan perlunya mempercepat pertumbuhan ekonomi Australia, sementara ia menepis kekhawatiran tentang varian Omicron.

Lihat juga...