Murid SD Lereng Merapi Galang Dana untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Sebanyak 270 murid sekolah dasar, mulai dari kelas I hingga VI di kawasan lereng Gunung Merapi, tepatnya di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta menggelar kegiatan penggalangan dana bagi korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (18/12/2021).

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ngaglik Sleman, Ari Wibowo, Sabtu (18/12/2021) Foto: Jatmika H Kusmargana

Kegiatan ini digelar sebagai upaya menumbuhkan rasa empati di kalangan pelajar sejak dini, sehingga mereka memiliki kepedulian dan mau membantu terhadap sesama. Selain mengumpulkan bantuan berupa uang tunai, para murid juga diajak membantu dalam bentuk buku dan alat tulis maupun alat sekolah.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ngaglik Sleman, Ari Wibowo mengatakan, pihaknya rutin menggelar kegiatan semacam ini setiap beberapa bulan sekali. Baik itu saat ada bencana ataupun tidak. Bekerjasama dengan komite sekolah, mereka biasanya membantu sejumlah panti asuhan ataupun anak yatim.

“Kegiatan semacam ini kita lakukan secara rutin, dengan tujuan untuk mendidik murid agar mereka memiliki kepedulian dan rasa empati terhadap sesama. Sehingga mereka tidak hanya pintar secara akademis saja, namun juga murah hati, dan murah harta,” ujarnya.

Adanya bantuan berupa uang tunai dan alat tulis, buku, maupun alat sekolah ini, diharapkan dapat membantu atau paling tidak meringankan beban anak-anak sekolah korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur. Sekaligus juga menumbuhkan semangat untuk tetap belajar, meski di tengah situasi bencana.

Sementara itu, salah seorang murid, Maharani, mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. Murid kelas 6 ini, menilai kegiatan semacam ini sangat bagus dan positif karena bisa membuatnya membantu orang lain yang sedang mengalami musibah.

“Sangat bagus sekali. Kita jadi bisa membantu orang lain yang sedang susah. Semoga bantuan ini bermanfaat. Semoga teman-teman kita korban erupsi Gunung Semeru, bisa kuat menghadapi kondisi yang ada untuk segera bangkit,” ungkapnya.

Lihat juga...