Musala Nurul Fikri di Banataragung Miliki Tempat Wudhu Baru

Editor: Koko Triarko

MAJALENGKA – Meski berukuran cukup kecil, Musala Nurul Fikri di blok Babakan, Desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat, kerap dimanfaatkan warga sekitar untuk beribadah. Sayangnya, musala ini tidak memiliki tempat wudhu yang layak.

Selama bertahun-tahun, warga masyarakat sekitar hanya memanfaatkan bilik kecil tua tanpa atap untuk melakukan wudhu sebelum salat. Selain kurang layak, bangunan tembok tempat wudhu ini juga membahayakan jemaah, karena rawan roboh.

Beruntung, berkat adanya program renovasi masjid dan musala dari Yayasan Damandiri melalui Koperasi Cipta Agung Mandiri Bantaragung, kondisi memprihatinkan tersebut kini telah berubah.

Memanfaatkan bantuan sebesar Rp2.310.000, warga merenovasi tempat wudhu musalla Nurul Fikri menjadi lebih baik. Bilik tempat wudhu lama dibongkar, kemudian dibangun tempat wudhu baru.

“Berkat bantuan koperasi Cipta Agung Mandiri serta Yayasan Damandiri, kini Musala Nurul Fikri punya tempat wudhu baru. Lengkap dengan bak tampungan air, saluran pembuangan, serta atap asbes. Alhamdulillah, warga sekitar pun jadi lebih nyaman,” ujar pengurus Musala Nurul Fikri, Sahidi.

Program renovasi masjid dan musala Yayasan Damandiri juga dirasakan masyarakat  Blok Babakan, Desa Bantaragung. Musala Nurul Iman yang ada di kampung mereka juga mendapatkan bantuan senilai Rp2.490.000.

Dengan bantuan tersebut, warga bisa melakukan perbaikan kamar mandi/WC. Mulai dari pemasangan keramik, pemasangan bak tampungan air maupun pengecatan seluruh bagian kamar mandi.

Termasuk juga melakukan perbaikan tempat wudhu, seperti mengganti keran air yang rusak, membenahi saluran air, hingga memasang keramik pada dinding dan lantai tempat wudhu.

Tempat wudhu Musala Nurul Fikri di blok Babakan, Desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat, yang sebagian temboknya telah hancur dan tak memiliki atap. –Ist.

“Dengan bantuan ini, jemaah musala tentu menjadi lebih nyaman dalam beribadah. Karena selain fasilitasnya memadai, kini kamar mandi maupun tempat wudhu musala jadi lebih bersih dan indah,” ungkap pengurus Musala Nurul Iman, Johar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Yayasan Damandiri melalui Koperasi Cipta Agung Mandiri, menjalankan program Bantuan Sosial Perbaikan Tempat Wudhu dan WC Masjid dan Musala di Desa Bantaragung, November 2021.

Program ini dijalankan sebagai upaya meningkatkan fasilitas masjid dan musala, guna menambah kenyamanan dan kekhusyukan masyarakat dalam beribadah kepada Tuhan YME. Terlebih, selama ini tak sedikit musala di desa Bantaragung dalam kondisi kurang memadai sehingga perlu direnovasi.

Lihat juga...