Operasional Bus Trans Banyumas Diresmikan

PURWOKERTO – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu, meresmikan operasional Program Teman Bus yang bernama Trans Banyumas.

“Trans Banyumas merupakan sebuah pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan dengan skema Buy The Service atau BTS,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, di Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (5/12/2021).

Dia menjelaskan, program tersebut dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub, agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia, sehingga muncul terobosan yang inovatif.

“Saya optimis, kehadiran Teman Bus di Banyumas ini akan mampu mengurangi tingkat kemacetan dan polusi udara, serta saya berharap masyarakat Banyumas memberikan dukungan penuh untuk program ini,” katanya.

Dia menambahkan, konsep BTS berbasis aplikasi ini didukung oleh manajemen pengelola dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi, yang meliputi sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem pengelolaan keuangan dan sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi menuju angkutan umum yang lebih profesional.

“Saya yakin, kehadiran Teman Bus akan makin diterima masyarakat, terutama dengan teknologi serta layanan yang akan terus kami tingkatkan kualitasnya, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk beralih ke moda transportasi umum, khususnya Teman Bus, apalagi naik Teman Bus juga masih gratis,” katanya.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein menambahkan pihaknya berharap layanan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia juga berharap, Program Teman Bus mampu menghadirkan sarana transportasi perkotaan yang lebih baik dan nyaman bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

“Trans Banyumas ini diharapkan akan menjadikan citra Banyumas yang maju dan berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Trans Banyumas akan melayani masyarakat pada jam operasional dari 05.00-21.00 WIB dengan tersedia sebanyak 52 unit bus yang siap melayani penumpang di tiga rute layanan.

Koridor 1 nantinya akan melayani rute Terminal Ajibarang – Pasar Pon, sementara Koridor 2 akan melayani rute Terminal Notog – Terminal Baturraden dan Koridor 3 akan melayani rute Terminal Bulupitu Purwokerto – Terminal Kebondalem.

Armada bus Trans Banyumas juga dilengkapi rak sepeda di bagian depan, yang bertujuan sebagai alat transportasi intermoda untuk mengakomodasi penumpang yang memadukan sarana transportasi dengan menggunakan sepeda dan bus. (Ant)

Lihat juga...