Pep Guardiola Pecahkan Rekor Pelatih Tercepat Capai 500 Gol Liga Premier

JAKARTA — Pep Guardiola memecahkan rekor sebagai pelatih tercepat yang timnya mencapai koleksi 500 gol di Liga Premier Inggris ketika Manchester City melumat Leeds United 7-0 di Etihad, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hal itu dipastikan oleh gol pembuka keunggulan City yang dicetak oleh Phil Foden hanya delapan menit setelah pertandingan berjalan, menggenapi gol ke-500 The Citizens di bawah Guardiola.

Guardiola mencapai angka tersebut hanya dalam 207 pertandingan dan melampaui pemilik rekor sebelumnya, yakni Juergen Klopp yang meraih 500 gol setelah 234 pertandingan di Liga Inggris bersama Liverpool.

Sejak menerima pekerjaan di Etihad pada 2016, Guardiola mencapai musim tersuburnya pada 2017/18 saat City mencetak 106 gol dalam semusim yang sampai saat ini masih menjadi rekor gol terbanyak sebuah tim dalam semusim Liga Premier.

Dari 500 gol tersebut, Sergio Aguero –yang dikabarkan bakal mengumumkan gantung sepatu hari ini– menjadi penyumbang terbanyak dengan 82 gol diikuti Raheem Sterling yang memiliki 76 gol.

Kombinasi Guardiola dan dukungan dana tak terbatas dari Timur Tengah menghadirkan era bertabur gelar bagi City, yang tiga kali menjuarai Liga Inggris, satu Piala FA dan empat Piala Liga Inggris sejak ditangani pelatih asal Spanyol tersebut.

City saat ini memimpin klasemen dan menjaga peluang mereka untuk mempertahankan gelar juara dengan koleksi 41 poin, unggul empat poin atas Liverpool dan lima poin dari Chelsea. [Ant]

Lihat juga...