Perkuat Link di Daerah, Koperasi Amanah Galunggung Mandiri Aktif di Dekopinda Tasikmalaya

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Manager Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Khairul Taufik Ismail dalam sebuah kegiatan di Dekopinda kabupaten Tasikmalaya. Foto: Jatmika H Kusmargana

TASIKMALAYA — Koperasi Amanah Galunggung Mandiri yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi salah satu binaan Yayasan Damandiri yang selama ini terlibat aktif dalam kepengurusan perkoperasian di wilayah kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. 

Manager Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Khairul Taufik Ismail, bahkan saat ini tercatat sebagai Ketua Bidang Keorganisasian, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) kabupaten Tasikmalaya.

Dekopinda sendiri merupakan wadah di daerah setingkat kabupaten, yang memiliki fungsi memperjuangkan kepentingan koperasi dan bertindak sebagai pembawa aspirasi

Sebagai lembaga gerakan koperasi yang otonom, Dekopinda juga bertugas memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan, serta berperan sebagai mitra pemerintah.

Tak hanya itu, Dekopinda juga memiliki tugas dan fungsi lain seperti meningkatkan kesadaran masyarakat, melakukan pendidika bagi anggota, hingga mengembangkan kerja sama antar Koperasi, maupun dengan badan usaha lain, baik pada tingkat nasional maupun daerah.

Menurut Yana, dengan terlibat langsung dalam Dekopinda Tasikmalaya, Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, mendapatkan sejumlah manfaat dan keuntungan tersendiri. Baik itu dari sisi penguatan informasi dan link dengan pihak-pihak terkait, hingga soal akses permodalan yang berguna dalam pengembangan.

“Dengan terlibat aktif dalam Dekopinda, tentu Koperasi Amanah Galunggung Mandiri akan bisa mendapatkan informasi-informasi mengenai program perkoperasian di daerah dengan lebih cepat. Selain itu juga bisa memiliki link atau jaringan yang lebih luas di Tasikmalaya, termasuk juga dengan pemerintah maupun lembaga lain,” katanya.

Disamping itu, dengan sejumlah keuntungan tersebut, salah satu manfaat lain yang bisa didapatkan adalah terbukanya akses modal dari sejumlah sumber lain, diluar dari Yayasan Damandiri. Sehingga pada akhirnya akan memberikan kemudahan bagi pengembangan dan kemajuan koperasi Amanah Galunggung Mandiri.

Lihat juga...